Andi Amar Ma’ruf Sulaiman Terpilih Jadi Ketua BPD HIPMI Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Musyawarah Daerah XVI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BPD HIPMI Sulsel) telah selesai. Andi Amar Ma'ruf Sulaiman resmi ditetapkan sebagai ketua umum HIPMI Sulsel masa bakti periode 2024-2027.

Amirul Yamin Ramadhansyah, Ketua Steering Committee (SC) Musda menyatakan pelantikan ketua umum terpilih akan dilaksanakan selambat-lambatnya tiga bulan paska penetapan atau sejak Senin (9/9/2024).

"Pelantikan ketua terpilih tiga bulan setelah penetapan, selambat-lambatnya, bisa saja lebih cepat," kata dia dalam Konferensi Pers Hasil Musyawarah Daerah XVI HIPMI Sulsel di Hotel Fourpoints by Sheraton Makassar, Selasa (10/9/2024).

Terkait dinamika yang terjadi pada saat proses Musda berlangsung, Iyul sapaan akrab Amirul menegaskan tidak berpihak ke calon ketua manapun. Keputusan yang diambil telah melalui mekanisme yang diatur. Tidak ada sikap otoriter atau semena-mena.

"Semua tahapan Musda sudah dilakukan dari awal sampai akhir merujuk pada AD ART. Perpecahan kami pastikan tidak ada. Budaya di HIPMI itu ertanding untuk bersanding. Tidak ada dualisme," tegasnya.

"HIPMI tidak pernah mengenal perpecahan sekeras apapun kontestasinya. Mayoritas BPC hadir dalam sidang pleno. Lebih banyak yang hadir daripada yang tidak. 19 hadir, 3 tidak. Undangan 22. Perlakuan semuanya sama. Apakah mau hadir atau tidak, itu hak masing-masing," lanjut Iyul mempertegas bahwa dinamika yang terjadi hal yang lumrah.

Terkait adanya riak-riak dan protes, Iyul memastikan Pengurus Pusat HIPMI telah merestui bahkan telah memberi selamat kepada ketua HIPMI Sulsel terpilih.

Musda digelar sejatinya untuk melahirkan pemimpin baru di organisasi tanpa adanya perpecahan apalagi dualisme.

"Kami tidak mau memenangkan satu pihak. Kami niatnya hanya musda berlangsung damai, aman, zero accident. Kami ingin melahirkan pemimpin yang memimpin organisasi ini ke depan. Pengurus pusat sudah merestui dan memberi selamat kepada ketua terpilih.

Diketahui, Musyawarah Daerah XVI HIPMI Sulawesi Selatan digelar di Balai Pertemuan Hasanuddin (BPH) Kodam XIV Hasanuddin, Jl Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (9/9/2024) malam.

"Menetapkan, saudara Andi Amar Ma'ruf Sulaiman sebagai ketua umum HIPMI Sulsel masa bakti periode 2024-2027," demikian pnetapan yang dibacakan langsung oleh Stering Committe, Amirul Yamin Ramadhansyah berdasarkan hasil pemilihan di bilik suara.

Andi Amar meraup 76 suara sah dipilih melalui proses pemilihan. Sementara, rivalnya Andi Muhammad Karaka Kilat hanya meraup 0 suara.

Usai terpilih, Amar mengaku siap melanjutkan program kerja yang dipimpin ketua sebelumnya Andi Rahmat. Putra sulung Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman itu menyebut banyak terobosan dan program unggulan yang ditinggalkan Rahmat sebagai warisan terbaiknya.

"Banyak tantangan untuk saya. Ketua DPC tahan badan untuk saya. Ke depan saya tahan badan. Karena kita di sini butuh perjuangan bukan ancaman. tapi jangan mi dibahas itu. Sekarang jangan mi pakai nama-nama, sekarang kita HIPMI dan InsyaAllah saya siap melanjutkan tongkat estafet ketua umum Andi Rahmat," ucap Amar usai acara pengukuhan. (*)

  • Bagikan