BKMT Parepare Kukuhkan Kelompok Majelis Taklim Dirangkaikan Peringatan Maulid Rasulullah, Erna Rasyid Taufan Tekankan Pentingnya Toleransi

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Parepare terus meningkatkan perannya sebagai salah satu mitra pemerintah, dalam peningkatan literasi keberagaman umat Islam, khususnya di Kota Parepare.

Terbukti setelah BKMT Kota Parepare, kembali mengukuhkan puluhan kelompok Majelis Taklim sebagai rangkaian kegiatan peringatan Maulid Rasulullah Saw dilaksanakan bersama Majelis Taklim se-Parepare.

Kegiatan Islami itu, mengusung tema "Menghargai Perbedaan, Meneladani Toleransi dari Kehidupan Nabi Muhammad SAW dalam Membangun Kebersamaan dan Memperkokoh Ukuwah Islamiah" di Masjid Terapung BJ Habibie, Minggu, 22 September 2024. Puluhan Kelompok Majelis Taklim dikukuhkan langsung oleh Erna Rasyid Taufan yang sebagai Ketua BKMT Kota Parepare.

Hasmi, yang sudah puluhan tahun berMajelis Taklim di Al Muhajirin BTN Soreang Permai, menyampaikan selama ia menjadi anggota hingga menjadi pengurus inti Majelis Taklim telah banyak perubahan setelah Erna Rasyid Taufan memimpin BKMT di Kota Parepare.

"Saya sejak tahun 2005, anak saya masih kecil sudah masuk Majelis Taklim. Dan setelah Ibu saya meninggal yang sebelumnya Bendahara Majelis Taklim Al Muhajirin, saya yang menggantikan menjadi bendahara pada tahun 2023. Selama Erna Rasyid Taufan menjadi Ketua BKMT, majelis taklim aktif," ungap Hasmi, Bendahara Majelis Taklim Al Muhajirin Soreang.

Ia juga mengemukakan, di era kepemimpinan Erna Rasyid Taufan sebagai Ketua BKMT, Pemerintah Kota Parepare terus memberikan dukungannya kepada kelompok Majelis Taklim se Kota Parepare.

Senada juga disampaikan anggota Majelis Taklim Ar Rahmah Cappa Ujung, Rosmiati, bahwa Ketua BKMT Erna Rasyid Taufan membawa BKMT dan Majelist Taklim mengalami perubahan dan perkembangan dari tahun ke tahun hingga melakukan program-program syiar Islam.

Bahkan, kata dia, hingga saat ini jumlah kelompok Majelis Taklim terus bertambah dan dikukuhkan lagi kelompok Majelis Taklim.

"Alhamdulillah selama Ibu Erna jadi ketua BKMT selalu melaksanakan kegiatan-kegiatan dan lomba-lomba yang melibatkan Majelis Taklim, seperti Qasidah, Tilawatil Quran. Apalagi peringatan Maulid Nabi, setiap tahun dilaksanakan bersama BKMT untuk mempererat silaturahmi " katanya.

Pengurus Majelis Taklim pun berharap, agar BKMT dan Majelis Taklim terus maju seperti di era Erna Rasyid Taufan yang selalu memberikan kepeduliannya bagi anggota maupun pengurus BKMT dan Majelis Taklim se-Parepare.

Dalam kesempatan itu, Ketua BKMT Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan mengatakan, peringatan Maulid Rasulullah Saw merupakan agenda tahunan yang digelar BKMT. "Melalui Maulid Nabi ini, kita tentunya meningkatkan kasih sayang kepada Rasulullah Saw," kata Erna Rasyid Taufan.

Dia berpesan untuk menghargai perbedaan antara sesama, meneladani kehidupan Rasulullah Saw. Sebab, Rasulullah adalah sebaik-baiknya contoh yang patut diteladani. Selain itu, Erna Rasyid Taufan menyampaikan, pentingnya toleransi antara sesama.

Sebab, kata dia, agar sebuah wilayah yang terdiri dari berbagai suku, agama dan bangsa bisa saling bahu-membahu untuk ikut serta dalam pembangunan, membantu pemerintah yang ada untuk suatu kemaslahatan.

"Seorang pemimpin sangat wajib menyeru ke jalan keimanan, menyeru ke jalan Allah Swt, agar menyelamatkan manusia dari kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Karena, kehidupan dunia sangat membutuhkan kehidupan kita di akhirat," jelasnya.

Erna Rasyid Taufan menegaskan, semua manusia sama derajatnya di depan Allah Swt. "Apa yang membedakan, bukan pangkat, bukan harta, bukan jabatan. Tetapi, adalah siapa yang paling bertakwa. Itulah yang paling tinggi derajatnya," pesan Erna Rasyid Taufan. (has)

  • Bagikan