Dosen STKIP DDI Pinrang Sukses Gelar Pelatihan Penerapan AI Untuk Guru di Pinrang

  • Bagikan
Peserta PKM STKIP DDI Pinrang

PINRANG,PAREPOS.FAJAR.CO.ID- Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Darud Da'wah wal Irsyad (DDI) Pinrang baru saja menyelesaikan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan sukses

Kegiatan yang bertajuk "Pelatihan Pengajaran dan Administrasi Mudah dengan Tool Artificial Intelligence (AI), yang dilaksanakan di Gedung PGRI Kabupaten Pinrang.

Ketua Tim PKM Rosita, S.Pd,M.Pd menjelaskan PKM ini bertujuan memberikan pemahaman tentang perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan aplikasi lainya sebagai penunjang proses belajar mengajar.

Peserta diperkenalkan dengan berbagai aplikasi berbasis AI, seperti Copilot, ChatGPT, Gamma, dan Canva yang dapat mendukung proses pengajaran serta administrasi secara lebih efektif dan efisien.

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini dapat membantu para guru dalam pembuatan materi ajar serta mengelola administrasi pembelajaran dengan lebih efisien.

Hadir sebagai peserta dalam pelatihan tersebut sebanyak 15 orang, terdiri dari guru dari tingkat sekolah menengah atas.

Kegiatan tersebut juga mendapat respons positif dari para peserta. Anwar salah satu peserta dari SMAN 5 Pinrang menuturkan pelatihan seperti ini sangat bermanfaat.

Guru mendapatkan pengetahuan baru dan mengasah kemampuanya memanfaatkan teknologi informasi yang perkembanganya begitu cepat.

"Kegiatan ini bagus, agar kita (guru red.), terus mengupdate kemampuan kita," ujar Anwar.

Sebagai informasi kegiatan pelatihan berjalan selama dua pekan, dimulai pada proses sosialisasi dengan pemaparan mengenai pentingnya keterampilan digital di era modern.

Para peserta diajarkan cara menggunakan Copilot dan ChatGPT untuk menghasilkan materi ajar yang menarik. Sedangkan Gamma dan Canva difokuskan untuk mendukung interaksi pembelajaran secara kreatif.

Selain pelatihan, kegiatan ini juga dilengkapi dengan monitoring dan evaluasi penerapan teknologi oleh guru dalam proses belajar mengajar. Sebagai bagian dari program, penyusunan modul digital untuk pembelajaran juga dilakukan guna memperkuat integrasi teknologi dalam pendidikan.

Dalam pelatihan ini Irma Sakti, S. Pd., M. Pd., Ketua Prodi Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros, hadir sebagai fasilitator utama bersama Rosita, S. Pd., M. Pd sebagai ketua tim PKM STKIP DDI Pinrang

PKM ini mendapat apresiasi Ketua STKIP DDI Pinrang Dr. Abdul Walid, M.A. Untuk operasional kegiatan didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Acara ini dibuka oleh Ihfa Indira Nurnaifah, S. Pd., M. Pd., Ketua Prodi Pendidikan Fisika STKIP DDI Pinrang. Suwarjono, S.Si, yang mewakili Ketua MGMP Fisika SMA Kab. Pinrang, yang juga guru SMAN 10 Pinrang turut memberi sambutan dalam acara ini.(*)

  • Bagikan

Exit mobile version