Hizbullah Konfirmasi Kesyahidan Sayyid Hasan Nasrallah

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, INTERNASIONAL-- Innaa lillaahi wa Innaa Ilaihi Raaji'uun. Sekretaris Jenderal Hizbullah, Sayyid Hasan Nasrallah telah dipastikan gugur dalam serangan Israel di Beirut Selatan, Lebanon, pada Jumat kemarin. Pernyataan duka ini dikeluarkan oleh Hizbullah, Sabtu (28/9/2024) malam waktu Indonesia.

Sebelumnya, sudah tersiar kabar kesyahidan Pemimpin Hizbullah ini dalam serangan brutal Israel di Beirut. Namun informasi tersebut cenderung dianggap palsu karena disebarkan oleh media-media pro Israel. Banyak yang meyakini Sayyid Hasan selamat atau hanya terluka dalam serangan itu

Bagi Israel, Sayyid Hasan menjadi tokoh yang paling tangguh dalam upayanya menguasai Palestina. Dalam konfrontasi melawan Hamas setahun terakhir ini, Hizbullah selalu membantu rakyat Palestina melawan Israel.

Hizbullah sendiri merupakan organisasi para pejuang Syiah yang dibentuk setelah Israel mencaplok kawasan Lebanon yang berbatasan dengan Palestina.

Kini, dunia sedang menanti reaksi dari Pemimpin Spiritual Iran, Sayyid Ali Khamenei yang merupakan sekutu kuat Hizbullah.

Israel sendiri telah lama memancing agar Iran terjun dalam medan perang. Belum lama ini, Israel membunuh Pemimpin Hamas, Ismail Haniyya di Teheran, sesaat setelah menghadiri pelantikan Presiden Iran. Di tahun ini, Israel juga membunuh sejumlah komando pasukan elit Iran di Suriah.

Sejumlah pengamat meyakini Iran sudah lama ditunggu untuk dikeroyok oleh Barat jika terjun ke medan perang. Dengan demikian, Israel akan lebih mudah menaklukkan seluruh wilayah Palestina. (int)

  • Bagikan

Exit mobile version