Nakhoda dan Awak Kapal Perikanan Ikuti Pelatihan SKN di PPI Lero

  • Bagikan

PINRANG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Pelabuhan Perikanan Untia Makassar melaksanakan pelatihan sertifikasi kecakapan nelayan (SKN) untuk awak kapal perikanan yang bekerja pada kapal ukuran 5 sd 30 GT. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, 21-22 September 2024 di Pangkalan pendaratan Ikan (PPI) Lero, Pinrang.

Pelatihan menghadirkan Akbar Fitrianto, Kepala Pelabuhan Perikanan Untia Makassar, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap-Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai pemateri.

Menurut Akbar, tujuan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi nelayan atau awak kapal perikanan. Selain itu, untuk memenuhi persyaratan sertifikasi untuk nakhoda pada kapal. Peserta yang ikut dalam kegiatan SKN tersebut 200 orang dan berasal dari Desa Lero Pinrang.

"Selama kegiatan SKN semua peserta mendapatkan materi terkait navigasi. Alat-alat keselamatan di kapal perikanan, penentuan rencana pelayaran, pengoperasian alat tangkap dan praktik pencegahan kebakaran dan pembacaan peta laut serta penetapan titik koordinat posisi kapal," ujarnya.

Ia mengharapkan nantinya semua nelayan dapat mengaplikasikan di lapangan apa yang diperoleh selama pelatihan, sehingga dapat diterapkan saat mereka beroperasi di laut. "Sertifikasi keahlian bagi awak kapal bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman nelayan tentang keselamatan dalam melakukan aktivitas penangkapan di laut," tandasnya.

Makanya, tambahnya, pelatihan sertifikasi sangat penting dalam rangka meningkatkan pengetahuan para nelayan, agar tidak hanya hasil tangkapan yang meningkat, namun kegiatan penangkapan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan keselamatan yang berlaku. (*)

  • Bagikan