Pj Wali Kota Abdul Hayat Tekankan Pelayanan Puskesmas Sesuai Prosedur

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat menjadi atensi. Maka dari itu, Pj Wali Kota Parepare Abdul Hayat Gani melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Cempae, Kecamatan Soreang, Parepare pada Rabu, 25 September 2024.

Saat sidak, Abdul Hayat mengecek langsung ruang Unit Gawat Darurat (UGD). Dia menanyakan standar operasional prosedur (SOP) tindakan gawat darurat.

Setelah itu, dia juga meninjau loket pelayanan dan ruang rawat inap. Hayat didampingi Kepala Puskesmas Cempae Muhammad Jufri juga bertemu dokter yang bertugas. "Kita berkunjung ke sini untuk memastikan pelayanan berjalan sesuai prosedur," katanya.

Dia menyebut bahwa pemerintah harus hadir di tengah masyarakat. Dia ingin laporan harus sesuai tindakan di tengah masyarakat.

"Kita harus dekat dengan masyarakat jangan cuma dengar pelaporan. Kita ingin kroscek secara berkala. Jadi apa informasi di kertas dan apa edukasi empiris di lapangan," katanya.

Setelah kunjungan, dia mengungkapkan pelayanan secara umum sudah sesuai prosedur. Dia juga menjelaskan masyarakat puas dengan pelayanan puskesmas.

"Semuanya menjawab baik sekali. Saya bilang jam berapa masuk, jam berapa keluar, apa tindakan dia bilang tidak ada keluhan," ujarnya.

"Secara umum Puskesmas standarnya itu dokternya ada lima, ambulans-nya tersedia, SOP di UGD, kemudian tindakan di ruang rawat inap saya sudah kunjungi semua. Saya tanya langsung, Alhamdulillah posisi aman dan nyaman. Mudah-mudahan cepat sembuh," tandasnya. (*)

  • Bagikan