Software HRIS: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Familiar dengan istilah software HRIS? Bagi Anda yang berkecimpung di dunia pengelolaan sumber daya manusia pastinya tak asing dengan kata ini. Secara garis besar, software HRIS merupakan teknologi yang digunakan oleh departemen SDM untuk mengelola segala aspek terkait karyawan.

Setiap proses pengelolaan SDM bisa dilakukan secara lebih efektif menggunakan bantuan software HRIS.

Pengertian Software HRIS

Software HRIS adalah perangkat lunak yang membantu perusahaan dalam mengelola setiap proses sumber daya manusia (SDM). Kehadiran software HRIS juga bisa membantu mengotomatiskan setiap proses pengelolaan SDM.

Terdapat beberapa fitur utama yang ada dalam software HRIS, antara lain aplikasi absensi, penyimpanan data karyawan, aplikasi payroll, dan masih banyak lagi. Software HRIS biasanya juga terhubung dengan koneksi internet, sehingga proses penginputan data tidak perlu dilakukan manual.

Manfaat Software HRIS Bagi Perusahaan

Munculnya software HRIS rupanya memberikan segudang manfaat bagi perusahaan, berikut selengkapnya:

Manajemen Data Karyawan Lebih Efisien

Manfaat pertama dari penggunaan software HRIS adalah kemudahan dalam mengelola data karyawan. Bagi perusahaan dengan jumlah karyawan yang mencapai ratusan bahkan ribuan tentu manajemen data bisa menjadi sangat merepotkan. Software HRIS bisa mengelola data karyawan secara otomatis, berkas seperti data pribadi, CV, kontak tersimpan dalam satu sistem terintegrasi.

Rekap Absensi Lebih Mudah

Pernah mengalami rekap absensi bermasalah? Software HRIS bisa menjadi solusi tepat untuk permasalahan ini. Aplikasi absensi online yang sudah canggih bisa merekap data absen secara real-time dan akurat. Setiap informasi juga tersimpan dengan baik dan aman.

Mempermudah Proses Penggajian

Payroll menjadi salah satu proses yang cukup menyita waktu dan tenaga. Tak jarang pula proses perhitungannya rumit apalagi bila komponen yang dihitung cukup banyak. Kehadiran aplikasi khusus payroll yang merupakan bagian dari HRIS system jelas dapat membantu proses penggajian.

Membantu Pengawasan Kinerja Karyawan

Software HRIS juga bisa membantu proses pengawasan kinerja karyawan. Pembuatan KPI sampai analisis performa karyawan bisa dilakukan dengan mudah bila menggunakan software ini. Software HRIS juga bisa membantu HR serta pihak-pihak terkait dalam mengambil keputusan untuk penilaian kinerja.

Rekomendasi Software HRIS Terbaik Untuk Perusahaan

Memiliki banyak manfaat, berikut kami rekomendasikan software HRIS terbaik untuk perusahaan Anda.

LinovHR

Rekomendasi software HRIS yang pertama adalah LinovHR dengan segudang fitur ciamik yang bisa menjadi solusi untuk pengelolaan SDM. Tidak hanya menyediakan basis data besar dengan keamanan yang terjamin, proses penginputan data karyawan bisa dilakukan secara mudah dan otomatis.

LinovHR juga menyediakan aplikasi absensi online super canggih yang mampu mencatat kehadiran secara real-time. Metode absensinya pun beragam, bisa dengan PIN, pindai wajah serta fingerprint. Karyawan bahkan bahkan bisa melakukan absensi tanpa jaringan internet.

Bagaimana dengan urusan penggajian? Tak perlu khawatir, LinovHR pun memiliki payroll software otomatis dengan kalkulator pajak terbaru. Perusahaan bahkan bisa mengatur sendiri formula perhitungan yang digunakan baik untuk gaji, tunjangan, bahkan bonus.

Tidak sampai di situ, LinovHR juga punya fitur ciamik yakni AI interview yang memudahkan proses rekrutmen. Hanya dengan satu software HRIS, Anda sudah tak perlu repot lagi memikirkan setiap solusi dari permasalahan SDM di perusahaan.

BambooHR

Software HRIS ini cocok diaplikasikan di perusahaan kecil dan menengah. BambooHR memiliki tampilan yang user-friendly, sehingga mudah digunakan oleh siapapun. Software HRIS ini pun menyuguhkan laporan akurat terkait dengan data karyawan, absensi, dan performa. Sehingga tak dibutuhkan lagi berkas manual berupa kertas yang rawan hilang serta memakan banyak tempat.

UltiPro

Rekomendasi software HRIS berikutnya ada UltiPro. Software ini memang lebih dikenal dengan nama UKG pro. UltiPro menyuguhkan berbagai fitur menarik, seperti talent management, payroll management, employee-self service, dan masih banyak lagi. Tampilannya pun terbilang user-friendly sehingga mudah digunakan baik oleh pemula maupun yang sudah awam akan teknologi.

Optimum HRIS

Optimum HRIS bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk mempermudah proses manajemen SDM di perusahaan. Melalui software ini manajer dapat mengawasi kehadiran karyawan, pengaturan waktu, bahkan mengetahui data kandidat bila sedang mengadakan hiring.

Workday

Terakhir ada Workday yang juga bisa menjadi pilihan software HRIS untuk perusahaan Anda. Software ini cocok diaplikasikan pada perusahan besar, kecil, dan menengah di banyak industri. Fokus dari software ini adalah pada manajemen keuangan perusahaan, seperti payroll, revenue management, dan masih banyak lagi.

Itulah ulasan mengenai software HRIS mulai dari pengertian, manfaat, hingga lima rekomendasi terbaiknya. (bs)

  • Bagikan