UPTD SDN 78 Parepare Peringati Maulid Rasulullah SAW

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - UPTD SD Negeri 78 Parepare menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1447 Hijriah. Kegiatan berlangsung di SDN 78, Jalan Bukit Indah Kecamatan Soreang Parepare, Rabu 18 September 2024 yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Kepala Bidang , para pengawas serta Kepala Seksi Kementerian Agama sekaligus pembawa Hikma Maulid, Ustadz Jami S.Ag serta guru dan para orang tua siswa.

Dalam laporannya ketua panitia maulid Sulkifli S.Pd menyampaikan, pelaksanaan Maulid di SDN 78 baru pertama kalinya dilaksanakan. Hal itu karena sekolah tersebut berada di lingkungan yang didominasi peserta didik dari warga non muslim.

"Ini adalah maulid perdana kami di sekolah ini, sebab hampir lebih dari separuh peserta didik kami adalah non muslim," ujarnya.

Namun karena inisiatif Kepala UPTD 78 Pina Rangga S.Pd, kata Sulkifli, sehingga Maulid Nabi resmi digelar berkat kolaborasi dan kerjasama dari para guru dan orang tua siswa.

"Alhamdulillah, berkat kerjasama dari para guru dan orang tua siswa, peringatan maulid ini berlangsung sukses. Banyak dari guru-guru kami disini yang non muslim juga menyumbang, termasuk kepala sekolah kami," jelasnya.

Kepala UPTD SDN 78 Parepare Pina Rangga S.Pd mengaku suasana suka cita tercipta pada pelaksanaan Maulid Nabi yang pertama kalinya dilaksanakan. Kata dia, inti dari peringatan Maulid adalah menjalin silaturahmi diantara para guru pendidik dan dan orang tua siswa.

"Kita lihat ada sokko dan telur, inti sesungguhnya dari kegiatan maulid ini adalah memperkuat silaturahmi," jelasnya.

Meski terkesan sederhana, namun kata dia tidak mengurangi rasa syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya acara dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para orang tua siswa.

"Semoga kita tetap mampu bersyukur dan diberikan nikmat sehat oleh Tuhan, sehingga tahun depan kita akan selenggarakan maulid yang lebih meriah," tandasnya.

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Kepala Bidang Peningkatan Mutu Guru Tenaga Pendidikan dan Informasi DR Muhammad Dahlan mengatakan semangat toleransi tinggi ditunjukkan keluarga besar UPTD SDN 78 dalam pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kata dia, ditengah perbedaan yang ada di sekolah itu, SDN 78 menebar cinta untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam menumbuhkan rasa kasih sayang.

"Sesuai dengan tema Maulid, SDN 78 menunjukkan kemampuan untuk menebar cinta kasih dan toleransi diantara perbedaan yang ada. Melalui peringatan Maulid ini, mari kita sehatkan diri terutama jiwa kita khususnya dalam memberikan pendidikan di sekolah," paparnya.

"Hindari perundungan untuk tetap menjaga sekolah kita tetap sehat dan senantiasa beribadah sesuai dengan keyakinan kita masing-masing," jelasnya.

Sementara pembawa Hikmah Maulid, H. Jami S.Ag MA menekankan agar selalu menjaga silaturahmi diantara hidup bermasyarakat. Kata dia, silaturahmi dapat menambah rezeki dan memanjangkan umur seseorang.

"Kalau kita mau dilapangkan rezekinya, mau dipanjangkan umurnya, maka hendaklah bersilaturahim, makanya siapa pun diantara kita yang ingin menghadiri pertemuan, maka sebelum berangkat niatkan untuk pergi bersilaturahmi. Insyaallah kita akan diberikan umur panjang dan dijauhkan dari musibah," katanya.

Ustadz Jami juga menyampaikan apresiasinya terhadap pihak sekolah karena telah membangun semangat silaturahmi dan toleransi dengan melaksanakan peringatan Maulid Nabi. "Saya harus memberikan apresiasi kepada kepala sekolah, karena atas inisiatif beliau, kegiatan Maulid dapat dilaksanakan," katanya.

Acara Maulid nabi ditutup dengan hiburan melalui persembahan Shalawat Nabi oleh kelompok Majelis Anak Saleh yang ada di sekolah tersebut.(has)

  • Bagikan