BKPSDMD Parepare Luncurkan Inovasi BANG KORPRI, Solusi Ciptakan ASN Unggul dan Berkarakter

  • Bagikan
Penjabat Wali Kota Parepare Abdul Hayat Gani (tengah) didampingi Sekda Muh. Husni Syam, dan Kepala BKPSDMD Adriani Idrus (kanan) saat peluncuran inovasi BANG KORPRI di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 16 Oktober 2024.

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare Kembali melahirkan inovasi brilian. Kali ini, inovasi Pengembangan Kompetensi dengan Kolaborasi ASN Terintegrasi atau yang disebut Bang KORPRI.

Inovasi BANG KORPRI diluncurkan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Abdul Hayat Gani didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Muh. Husni Syam, serta Kepala BKPSDMD Adriani Idrus di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 16 Oktober 2024.

Kepala BKPSDMD Kota Parepare, Adriani Idrus di sela peluncuran inovasi BANG KORPRI menjelaskan kualitas pelayanan publik dan keberhasilan pembangunan nasional ditentukan oleh kapasitas dari ASN-nya sebagai aset yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

“ASN sebagai aset dari daerah dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi guna menjamin kualitas pelayanan publik yang optimal dan menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas negara. Sehingga semua ASN siap dalam segala perubahan yang ada kedepannya,” ungkapnya.

Adriani Idrus mengungkapkan, mengacu pada amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023, setiap ASN memiliki kewajiban untuk terus meningkatkan kompetensinya. Namun, tanpa strategi yang tepat, menjalankan amanat ini bukanlah hal yang mudah.

“Pengembangan kompetensi ASN saat ini, belum berjalan maksimal. Metode pelatihan yang kurang variatif, keterbatasan anggaran, dan minimnya akses fasilitas pembelajaran menjadi penghalang besar dan menghambat kinerja dari ASN," ujarnya.

Untuk menjawab tantangan itu, kata Adriani Idrus, terobosan inovasi BANG KORPRI hadir sebagai jawaban atas kebutuhan mendesak perubahan. Sebagai proyek perubahan strategis, Bang KORPRI dirancang untuk tidak hanya mengatasi tantangan masa kini, tetapi juga mengubah kebiasaan lama yang sudah tidak relevan.

“kita akan meninggalkan metode klasik dan analog menuju pendekatan baru yang lebih efisien dan adaptif, kolaborasi lintas instansi, e-learning, mentoring, dan coaching,” katanya.

Tidak hanya itu, menurut Adriani Idrus bahwa BANG KORPRI akan membawa terobosan nyata, membentuk ASN yang tak hanya berkompeten, tetapi siap menghadapi tuntutan zaman dengan inovasi dan fleksibilitas.

"Inovasi ini, menghadirkan teknologi sebagai solusi utama. Kami akan memanfaatkan pembelajaran berbasis teknologi yang inovatif, sehingga setiap ASN dapat mengakses pelatihan dengan mudah, kapan saja dan di mana saja,” ucap Adriani.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Abdul Hayat Gani mengapresiasi terobosan inovasi yang telah dilakukan BKPSDMD, dalam rangka menciptakan ASN unggul dan berkompeten.

Menurutnya, Pemerintah Kota Parepare terus berkomitmen dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparatur melalui berbagai cara.

“Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan program ini, kegiatan ini bukanlah kegiatan seporadis, namun sebuah kegiatan terencana. Dengan dukungan dari pimpinan dan seluruh instansi, membuka peluang bagi setiap ASN untuk berkembang dan memberikan kontribusi maksimal dalam pelayanan publik”, ungkap Abdul Hayat.

Untuk itu, Abdul Hayat menginstruksikan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah agar memanfaatkan Bang KORPRI ini sebagai sarana dalam meningkatkan kompetensinya sehingga Pemerintah Kota Parepare mampu menciptakan ASN unggul dan berkarakter. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version