Dilantik Anggota DPR RI, Taufan Pawe Wujudkan Trias Politika

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Sebanyak 580 anggota DPR RI dan 152 anggota DPD RI terpilih hasil Pemilu Legislatif 2024 resmi dilantik untuk periode 2024-2029. Acara pelantikan tersebut berlangsung di Ruang Paripurna Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2024.

Agenda pelantikan dimulai pukul 09.20 WIB dengan pengumuman Ketua KPU RI mengenai anggota tertua dan termuda di DPR, DPD, dan MPR. Pimpinan sementara DPR, DPD, dan MPR akan diisi oleh anggota tertua dan termuda tersebut, sebelum dilanjutkan dengan pengucapan sumpah atau janji jabatan yang dipandu langsung oleh Ketua Mahkamah Agung.

Di antara 580 anggota DPR RI yang dilantik, satu di antaranya adalah mantan Wali Kota Parepare dua periode, Taufan Pawe.

Taufan Pawe yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel itu memakai jas hitam yang dibalut dengan kemeja putih yang diapadu dengan dasi kuning bediri berjejeran dengan ratusan anggota DPR RI di seluruh Indonesia ikut mengucapkan sumpah atau janji jabatan. Taufan Pawe dilantik disaksikan langsung oleh isteri, Erna Rasyid Taufan bersama putra dan putrinya serta keluarga besarnya.

Taufan Pawe dilantik menjadi Anggota DPR RI setelah dirinya ditetapkan menjadi salah satu calon legislatif yang terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024.

Taufan Pawe berhasil meraih suara 57.955 suara di daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan (Sulsel) II, meliputi 9 kabupaten/kota, di antaranya, Kota Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Sinjai, Bulukumba, Bone, Soppeng dan Wajo. Saat itu, Taufan Pawe Caleg Golkar nomor urut 4.

Ucapan selamat kepada Taufan Pawe pun berdatangan dari berbagai lintas elemen masyarakat, komunitas, kerabat dan keluarga.

Ketua Partai Golkar Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, yang juga merupakan istri dari Taufan Pawe, mengungkapkan sosok Taufan Pawe sendiri merupakan suami yang disiplin dan bertanggung jawab dalam setiap apa yang dilakoninya termasuk menjadi suami dan ayah bagi ketiga anaknya.

"Alhamdulillah, beliau itu memang sosok yang disiplin dan juga bertanggung jawab, selama kami berumah tangga bersama, dan kedisiplinan dan bertanggung jawab ini juga ditekankan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Erat akronim Erna Rasyid Taufan, meyakini suaminya sebagai anggota legislatif sendiri melengkapi trias politika dirinya, mulai dari menjadi Yudikatif, Eksekutif dan Legislatif, dan dirinya juga memastikan pastinya selama dua periode menjadi Wali Kota Parepare beliau amanah dalam menjalankan tugasnya.

"Ini bentuk kesyukuran kami karena Bapak sudah melalui berbagai tahapan mulai dirinya menjadi pengacaran, kemudian wali kota, dan sekarang dipercaya menjadi anggota DPR RI. Ini, saya rasa kesyukuran yang sungguh luar biasa bagi kami sebagai keluarga, dan pastinya jabatan yang diemban hari ini akan menjadikan beliau sosok yang bertanggung jawab dan amanah," ungkap Erat yang juga calon wali kota Parepare nomor urut 4 ini.

Proses pelantikan itu, turut dihadiri calon wali kota dan wakil wali kota Parepare nomor urut 4, Erna Rasyid Taufan dan Rahmat Sjamsu Alam (Erat Bersalam), serta ketua tim pemenangan Erat Bersalam, Kaharuddin Kadir.

  • Dari Pengacara hingga Politisi

Taufan Pawe dikenal sebagai figur yang memiliki rekam jejak panjang dalam dunia politik, dengan berbagai kontribusi yang telah diberikan kepada masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya dalam pembangunan daerah dan pelayanan publik.

Taufan Pawe adalah Wali kota Parepare dua periode pada masanya. Taufan Pawe diketahui adalah seorang politisi yang merasakan Trias Politica. Bahkan, Taufan Pawe dinilai salah satu politisi Partai Golkar yang paling paripurna.

Pasalnya, dengan dilantiknya anggota DPR RI masa jabatan 2024-2029, mantan Ketua Golkar Parepare kini berperan pada seluruh konsep negara demokrasi. Yakni, konsep Trias Politica, Yudikatif, Eksekutif, dan Legislatif.

Dengan pengalaman di Yudikatif dan Eksekutif dengan beerbagai prestasi, Taufan Pawe diyakini menjadi legislatif yang mampu mewakili dan menyuarakan aspirasi untuk kepentingan masyarakat Sulsel.

Sebelum memimpin Kota kelahiran Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, Taufan Pawe adalah seorang pengacara selama 25 tahun. Lalu berada di posisi eksekutif sebagai wali kota selama 10 tahun. Sekarang diamanahkan berada di posisi legislatif.

Keterpilihannya sebagai anggota DPR RI semakin menegaskan kepercayaan masyarakat terhadap eksistensi dan kepemimpinannya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version