Fraksi Gerindra Parepare Dukung Penyelarasan Program Pusat dan Daerah, Siap Kawal Program Swasembada Pangan Presiden Prabowo

  • Bagikan
Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Parepare, Kamaluddin Kadir

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Fraksi Partai Gerindra di daerah mengajak masyarakat menyambut era kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dengan penuh optimisme.

Harapan itu, disampaikan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Parepare, Kamaluddin Kadir usai mengikuti rapat Banggar Bersama TAPD di Gedung DPRD, Senin, 21 Oktober 2024.

Menurutnya, bahwa keseriusan dan ketegasan Prabowo terlihat jelas dalam pidato perdananya di Sidang MPR RI.

"Jika kita melihat program visi-misi yang terangkum dalam delapan program Utama, dan 17 arah pembangunan dengan 45 sasaran pokok, semua itu merupakan langkah untuk mempercepat pengembangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia," kata Kamaluddin Kadir.

Dia mengungkapkan, visi-misi Presiden Prabowo Subianto juga bertujuan agar rencana pembangunan jangka panjang nasional bisa tercermin hingga ke daerah-daerah. Pilkada yang dilaksanakan serentak menjadi bagian dari upaya menyamakan visi antara pemerintah pusat dan daerah.

"Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan visi-misi antara kepala daerah yang terpilih dan pemerintah pusat," ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa ketegasan Prabowo dalam pidatonya perdananya menunjukkan komitmen untuk mempercepat pembangunan. Fraksi Gerindra Parepare meyakini bahwa Indonesia akan mengalami kemajuan lebih pesat di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Dia pun menyebut bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 15 Tahun 2024 yang menjadi pedoman penyusunan APBD di seluruh Indonesia. Beberapa poin penting yang diusung oleh Presiden Prabowo, seperti penurunan angka stunting, pengentasan kemiskinan ekstrem, dan percepatan pembangunan, telah dimasukkan dalam penyusunan APBD tersebut. "Ini memudahkan kami di daerah, khususnya Fraksi Gerindra di DPRD, untuk mengawal pelaksanaannya," katanya.

Lebih lanjut, Kamaluddin Kadir menjelaskan, bahwa program swasembada pangan oleh Presiden Prabowo juga akan dikawal.

"Insyaallah, sesuai dengan program Pak Prabowo agar segera swasembada pangan, swasembada energi, akan di kawal untuk kesejahteraan masyarakat," tandas legislator Gerindra Parepare ini.

Dia pun mengaku optimistis Indonesia bisa kembali swasembada pangan, terlebih mayoritas penduduk Indonesia adalah petani dengan lahan yang cukup luas.

Presiden RI ke-8 Prabowo Subianto telah resmi melantik 53 menteri dan kepala lembaga dalam susunan Kabinet Merah Putih periode 2024–2029 di Istana Negara, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024.

Proses pelantikan Menteri diawali dengan pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan keputusan presiden beserta daftar nama-nama yang dilantik menjadi menteri dan jabatannya.

Pelantikan Menteri itu berdasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 133/P Tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih periode 2024–2029.

Presiden Prabowo kemudian membacakan ikrar sumpah tersebut yang diikuti oleh para menteri dan pejabat setingkat menteri. Usai pengucapan sumpah dan janji, acara dilanjutkan dengan penandatanganan surat pengangkatan berita acara. Acara pelantikan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama jajaran Menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka. (has)

  • Bagikan