Melalui Peringatan Maulid SDN 3 Parepare Gaungkan Toleransi Beragama yang Harmonis

  • Bagikan

PAREPARE,PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kota Parepare berikan contoh sikap toleransi beragama yang harmonis, saat gelar peringatan maulid Nabi Muhammad Saw, di Lapangan Upacara SDN 3 Parepare, Selasa, 8 Oktober 2024.

Dalam kegiatan yang dihadiri Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare Mustadirham, didampingi Kepala SDN 3 Parepare Faisal, siswa nampak semangat menampilkan persembahan terbaiknya di perhelatan maulid tersebut.

Namun ada yang menarik dalam momen maulid itu. Pasalnya kegiatan yang diinisiasi pihak sekolah dan paguyuban itu, tidak membatasi keterlibatan guru maupun orang tua siswa yang berbeda keyakinan, untuk turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan.

"Beberapa guru dan orang tua sisiwa kami memang ada yang beragama nasrani. Tapi sejak awal hingga kegiatan hari ini, semangat mereka juga turut terbangun untuk menjaga kolaborasi sukses terlaksananga kegiatan Maulid Nabi Muhammad tahun ini," kata Kepsek SDN 3 Parepare, Faisal.

Faisal mengungkapkan, hal tersebut menjadi bagian dari implementasi sikap toleransi maupun rasa saling menghargai antara sesama umat manusia, yang berupaya terus diterapkan dan dipercontohkan di SDN 3 Parepare.

"Meski kami beda keyakinan, tapi percayalah rasa persaudaraan dan kekeluargaan baik guru, siswa bahkan sesama orang tua, tetap rukun dan harmonis di sekolah kami ini," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, SDN 3 Parepare ini merupakan salah satu sekolah yang multikultural, dan akan tetap komitmen menjaga makna harmonisasi dalam keberagaman di kota cinta.

"Jujur maulid kali ini begitu menitip kesan dan haru tersendiri bagi saya. Perhelatan yang hampir setiap tahun kita lakukan, selalu diwarnai kebersamaan dalam perbedaan," imbuhnya.

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih dengan penuh, atas kerukunan yang terus terjaga. Mari kita maknai maulid ini sebagai rasa cinta kepada sang Nabi, dan perasaan kasih seorang kekasih Allah terhadap setiap umat manusia," jelas Faisal.

Sementara, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mustadirham mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya, atas komitmen diterapkannya kultur toleransi dan saling menghargai di SDN 3 Parepare.

"Ini luar biasa, SDN 3 Parepare memang selalu mampu memberikan hal-hal luar biasa. Termasuk perannya sebagai sekolah negeri multikultural," ujarnya.

"Sekolah ini mampu menjaga makna dari kata multikultural itu, kami dari Disdikbud tentu sangat mengapresiasi," sambungnya.

Harmoni dalam bingkai kebinekaan telah terjaga asri dan sangat baik di SDN 3. Terlebih kekompakan dan kerja sama yang terbangun antara semua pihak tanpa memandang suku, agama maupun rasa, kegiatan maulid sukses terlaksana.

"Besar harapan saya, setiap sekolah juga mampu menerapkan hal yang sama. Kita jaga toleransi dan persaudaraan ini, agar tetap rukun dan damai di setiap harinya," tandasnya.(has)

  • Bagikan

Exit mobile version