Operasi Zebra Pallawa 2024 Mengedepankan Edukasi, Kasatlantas Polres Parepare Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pelaksanaan Operasi Zebra Pallawa Tahun 2024 sementara dilaksanakan oleh Satlantas Polres Parepare. Operasi yang berlangsung selama 14 hari, mulai 14 hingga 27 Oktober 2024 ini, mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

Operasi Zebra tersebut tentunya mengedepankan pendekatan humanis. Di antaranya, sosialisasi dan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas.

Seperti yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Parepare kepada para sopir tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM).

Kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Parepare, AKP Adnan Leppang duduk bersama dan ngopi bareng dengan para sopir tersebut, di Kantor Pertamina Fuel Terminal Parepare pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Pada kesemapatan itu, Kasatlantas mengeduaksi dan mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas di jalan raya kepada para sopir tersebut.

Dia pun menyampaikan pesan-pesan keselamatan berkendara, sekaligus sosialisasi tertib berlalu lintas dalam rangka mendukung terlaksananya Operasi Zebra Pallawa 2024 yang telah berjalan hampir sepekan ini.

"Kita harap keselamatan berkendara perlu dipedomani. Khususnya, menjaga keselamatan pengendara lainnya agar tidak mengedepankan sikap arogansi saat berada di atas jalan raya.

Truk tangki berukuran besar yang tentunya menggunakan separuh jalan jika beroperasi yang berpotensi pengguna jalan lainnya bisa terhambat dan menimbulkan kemacetan.

"Tujuan kita bertemu dengan rekan-rekan para sopir mobil tangki adalah untuk mengingatkan kembali pentingnya keselamatan saat berkendara, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain," imbaunya.

AKP Adnan menyampaikan bahwa, pihaknya terus berupaya untuk menanamkan budaya tertib berlalu lintas kepada seluruh kalangan, apapun status sosial dan profesinya. "Karena keselamatan adalah prioritas utama bagi setiap orang saat berada di atas jalan raya, " jelasnya.

Tak hanya imbauan keselamatan, Kasatlantas pun berharap kepada para sopir, agar pesan keselamatan dari Operasi Zebra Pallawa 2024 bisa diteruskan kepada sanak keluarga, tetangga maupun kerabat.

"Inilah pesan moral dari Operasi Zebra Pallawa 2024 yang ingin kita upayakan terwujud melalui berbagai kegiatan operasi, baik itu kegiatan yang bersifat penegakan aturan lalu lintas maupun berbentuk sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas, seperti yang kita lakukan saat ini, duduk bersama dengan warga yang berprofesi sebagai sopir mobil tangki, " tandasnya. (has)

  • Bagikan