Optimalkan Kinerja Kedewanan, Pimpinan DPRD Parepare Dilantik dan AKD Ikut Disahkan

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Sehari sebelum pelantikan, Sekretariat DPRD Kota Parepare melaksanakan gladi prosesi pelantikan pimpinan defenitif. Gladi bersih itu, berlangsung di ruang rapat paripurna Gedung DPRD, Senin, 14 Oktober 2024.

Dihadiri langsung tiga pimpinan, yakni Ketua DPRD, Kaharuddin Kadir, Wakil Ketua I Suyuti dan Wakil Ketua II Muhammad Yusuf Lapanna. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan akan berlangsung dalam rapat paripurna, hari ini, Selasa, 15 Oktober 2024, sekitar pukul 09.00 WITA. Sekretariat DPRD pun telah mengedarkan ratusan undangan pelantikan. Tercatat, 350 undangan.

Pimpinan defenitif DPRD Parepare, akan dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Parepare, Andi Musyafir.

Ketua Sementara DPRD Parepare Kaharuddin Kadir usai mengikuti gladi mengatakan pelantikan pimpinan defentif akan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Parepare, Andi Musyafir. "Kita menyesuaikan dengan jadwal bapak ketua Pengadilan Negeri," ujarnya.

Pengucapan sumpah jabatan pimpinan DPRD ini, dirangkaian dengan beberapa agenda kedewanan.

Setelah, pelantikan pimpinan dewan, dilakukan pengesahan alat kelengkapan dewan (komisi, banggar dan bamus). Lalu, penyerahan KUA-PPAS APBD 2025.

" Setelah pelantikan, kita lakukan pengesahan alat kelengkapan. Kemudian, kita sudah jadwalkan penyerahan KUA-PPAS APBD Pokok 2025," kat Kaharuddin Kadir.

Dia menyebut bahwa pelantikan pimpinan DPRD ini nantinya, mengundang Pj Wali Kota Parepare Abdul Hayat Gani, termasuk pimpinan dari forkopimda, dan lainnya. "Kita menyesuaikan saja dengan kapasitas ruangan, sekitar 350 undangan telah disebar," tandasnya.

Sementara itu, Humas Sekretariat DPRD Parepare, Ramlan menyebut bahwa ada 350 undangan telah disebar untuk menghadiri pelantikan pimpinan DPRD.

“Segala persiapan sudah rampung. Termasuk, kami lakukan gladi bersih untuk pelantikan pimpinan DPRD. Ada 350 undangan yang telah kami sebar untuk menghadiri kegiatan tersebut, termasuk Pj Wali Kota beserta jajarannya, unsur Forkopimda. Selain itu, kami juga telah mengundang seluruh perwakilan ketua partai politik,” ujarnya.

Sebelumnya, Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulsel tentang peresmian pengangkatan Pimpinan DPRD Parepare masa jabatan tahun 2024-2029, telah diterima Sekretariat DPRD.

Penyerahan SK itu dilakukan di ruang Pimpinan DPRD Parepare, pada Kamis, 10 Oktonber 2024. SK diterima langsung Sekretaris DPRD Arifuddin Idris. Penyerahan disaksikan Wakil Ketua DPRD Suyuti dan Yusuf Lapanna.

Sebelumnya, Asisten I Dede Harirustaman bahwa pemerintah kota telah menyerahkan SK Gubernur Sulsel ini kepada seluruh pimpinan dewan untuk ditindaklanjuti dan dipersiapkan pelantikan resmi pada tanggal 15 Oktober 2024.

Dia menyebut bahwa SK tersebut mengesahkan Kaharuddin Kadir sebagai Ketua DPRD Kota Parepare, Suyuti sebagai Wakil Ketua I, dan Yusuf Lapana sebagai Wakil Ketua II untuk masa jabatan 2024-2029.

Dia berharap sinergitas antara Pemerintah Kota Parepare dan DPRD dapat terjalin semakin kuat demi kesejahteraan masyarakat.

“Dengan penyerahan SK ini, kami berharap sinergi antara pemerintah kota dan DPRD dapat semakin baik, sehingga pelaksanaan program-program pembangunan bisa berjalan dengan lancar untuk kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version