PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus membantu masyarakat Indonesia dalam memberikan penjaminan terhadap akses layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas. Program ini menjadi solusi penting terutama bagi mereka yang membutuhkan perawatan tanpa harus khawatir akan biaya kesehatan yang tinggi.
Sejak kehadirannya pada tahun 2014, Program JKN telah memberikan kemudahan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Program ini menjadi solusi bagi peserta yang membutuhkan pelayanan medis, tanpa harus terbebani biaya pengobatan yang tinggi, salah seorang peserta yang telah merasakan manfaat dari Program JKN adalah, Nadia (31).
Nadia terdaftar pada segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU) swasta. Bagi Nadia, terdaftar sebagai peserta JKN adalah hal yang sangat penting karena menurutnya, kepesertaan ini adalah bentuk proteksi atau perlindungan terhadap kesehatan tiap individu.
“Bagi saya, kepesertaan JKN adalah hal yang sangat penting. Saya bersyukur karena kepesertaan saya saat ini telah ditanggung oleh perusahaan, tempat suami saya bekerja. Sebelum masuk tanggungan perusahaan ini, saya juga sudah pernah terdaftar pada segmen kepesertaan mandiri yang iurannya dibayar per bulan, dan menurut saya memang ini sangat penting dan bermanfaat, apalagi sakit bisa datang kapan saja,” ungkap Nadia, Jumat 21 Februari 2025.
Ditemui oleh tim Jamkesnews, Nadia menyampaikan bahwa saat ini ia sedang mempersiapkan untuk persalinan anak ketiganya. Nadia menambahkan bahwa, ia juga telah memanfaatkan kepesertaan JKN saat persalinan anak pertama dan anak keduanya. Ia berharap persalinan yang akan dijalani kali ini dapat berjalan lancar dengan tetap mengandalkan kartu JKN.
“Beberapa kali saya menggunakan kartu JKN saat periksa kandungan di puskesmas dan di rumah sakit, mulai dari kehamilan anak pertama hingga anak ketiga ini. Semua pelayanan yang diberikan sangat baik dan tidak ada kendala apapun. Saya juga pernah dirujuk beberapa bulan yang lalu karena ada sedikit masalah di kandungan saya, dan setelah diperiksa di rumah sakit, alhamdulillah semuanya baik dan saya berharap semoga persalinan anak ketiga nanti dapat berjalan lancar dan senantiasa diberi kesehatan,” tutur Nadia.
Nadia menambahkan bahwa selama menjalani pemeriksaan di puskesmas dan di rumah sakit, ia selalu mendapatkan pelayanan yang sangat baik.
“Selama saya berobat dengan Program JKN, semua pelayanan yang diberikan sangat baik dan tidak dibeda-bedakan dengan pasien lainnya, yang terpenting juga harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” cerita Nadia.
Selain manfaat layanan kesehatan yang telah dirasakan, Nadia menuturkan bahwa ia juga telah merasakan manfaat kemudahan layanan dengan Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, Aplikasi Mobile JKN menjawab kebutuhan peserta dengan menyajikan berbagai fitur yang ada di dalamnya.
“Saya juga sudah lama merasakan manfaat dari Aplikasi Mobile JKN. Berbagai fitur yang ada di dalamnya, memberikan kemudahan kepada peserta dalam melakukan pengecekan status kepesertaannya, kemudahan dalam perubahan data, hingga yang saat ini dan sering digunakan adalah fitur pendaftaran pelayanan untuk mengambil antrean secara online,” ungkap Nadia.
Nadia mengungkapkan bahwa manfaat Aplikasi Mobile JKN tidak hanya itu saja, seringkali ia memanfaatkan fitur KIS Digital saat berobat di puskesmas ataupun rumah sakit.
“Karena telah ada KIS Digital pada Aplikasi Mobile JKN, saya pun tidak pernah lagi menunjukkan fisik kartu JKN ketika berobat. Cukup dengan menunjukkan Aplikasi Mobile JKN. Selain KIS Digital itu, KTP juga dapat ditunjukkan saat berobat, sehingga peserta tidak perlu lagi membawa banyak berkas ketika berobat di fasilitas kesehatan,” tutup Nadia. (*)