Pastikan Kualitas Layanan, Kakantah Parepare Menyapa Pengguna Layanan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Kepala Kantor Pertanahan Kota Parepare, Ridwan Jali Nurcahyo, menunjukkan komitmen dalam memastikan kualitas pelayanan publik yang prima dengan turun langsung menyapa pengguna layanan di area Front Office pada Kantor Pertanahan Kota Parepare.

Ke depan kegiatan ini dilakukan berkala sebagai bentuk kontrol langsung terhadap kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat. Langkah ini mencerminkan kepemimpinan yang partisipatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat yang mengakses layanan pertanahan.

Ridwan tidak hanya menyapa ramah para pengguna layanan, namun juga aktif memastikan bahwa seluruh proses pelayanan berjalan sesuai dengan standar layanan yang telah ditetapkan.

Standar pelayanan di Kantor Pertanahan mengacu pada Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan, yang menjadi pedoman utama dalam memberikan pelayanan yang transparan, cepat, dan akuntabel kepada masyarakat.

Ia secara langsung melakukan pengecekan terhadap seluruh perangkat layanan yang tersedia. Mulai dari perangkat antrian elektronik, anjungan pencetakan sertipikat, hingga pengukuran survei kepuasan masyarakat atau feedback layanan. Pengecekan ini dilakukan guna memastikan seluruh sistem pendukung layanan berfungsi optimal demi menjamin kenyamanan dan kepuasan para pengguna layanan.

Tidak hanya itu, Kakantah Parepare juga memberikan perhatian khusus kepada pengguna layanan yang masih menunggu antrean. Memastikan bahwa setiap pengguna yang belum terlayani sudah mendapatkan nomor antrean secara sistematis, sehingga tidak ada yang terlewatkan atau merasa diabaikan. Kepastian antrian pelayanan merupakan bagian penting dari prinsip pelayanan yang adil.

Sementara itu, bagi pengguna layanan yang telah selesai dilayani, Kakantah memastikan standar layanan terpenuhi sesuai dengan nilai "Melayani Profesional Terpercaya". Hal ini tidak hanya tercermin dalam sikap petugas, tetapi juga dalam kecepatan, ketepatan, dan kejelasan informasi yang diberikan dalam setiap proses pelayanan pertanahan.

Pendekatan yang dilakukan oleh Kepala Kantor Pertanahan ini juga menjadi bagian dari upaya berkelanjutan dalam membangun budaya kerja berintegritas yang berorientasi pada kepuasan masyarakat. Yang juga menjadi bagian dari Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

Langkah-langkah seperti ini, Kantor Pertanahan Kota Parepare terus memperkuat citra sebagai institusi pertanahan yang mengedepankan Kepuasan Masyarakat. Turunnya langsung kepala kantor ke front office secara rutin menjadi simbol kepedulian pimpinan terhadap kualitas pelayanan, serta menegaskan komitmen bersama menuju tata kelola pertanahan yang lebih baik, transparan, dan terpercaya. (ardi_HT)

  • Bagikan

Exit mobile version