Manfaatkan Layanan BPJS Online, Nurhani Puas dengan Kemudahan Akses

  • Bagikan

Akses administrasi pada Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan mudah dan cepat merupakan harapan seluruh peserta.

Seperti yang diharapkan Nurhani (31). Beruntung, desanya telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Parepare melalui BPJS Online guna memberikan kemudahan dalam mengurus administrasi.

Dengan memanfaatkan layanan tersebut, akhirnya Nurhani berhasil melakukan perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Ia mengapresiasi kehadiran BPJS Online yang menurutnya mampu meningkatkan kepuasan peserta pada layanan JKN.

”Alamat saya di Solang, dan kalau mau ke kantor BPJS Kesehatan butuh waktu kurang lebih 2 jam. Tapi berkat adanya layanan BPJS Online saya sangat bersyukur dan merasa puas. Saya tidak perlu menempuh jarak 45 menit hanya untuk mengurus administrasi,” ucapnya.

Solang terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Seperti yang dijelaskan oleh Nurhani, waktu tempuh untuk menuju Kota Pinrang membutuhkan waktu sekitar 1 Jam 39 menit dengan jarak 63 kilometer.

Dalam wawancaranya, Nurhani memuji keramahan dan kejelasan informasi yang disampaikan oleh petugas BPJS Online. Menurutnya penjelasan yang diberikan sangat mudah dipahami dan tidak berbelit-belit dalam memberikan informasi.

”Petugas yang melayani saya sangat ramah, ia tidak pernah berhenti senyum bahkan saat sedang memberikan penjelasan. Semua informasi yang disampaikan juga sangat mudah dipahami karena bahasanya menyesuaikan dengan bahasa peserta yang hadir,” tuturnya.

Kehadiran BPJS Online menjadi angin segar bagi masyarakat sekitar. Nurhani mengakui dirinya telah terdaftar Program JKN sejak tahun 2017 dan sejak itu segmen kepesertaannya merupakan Pekerja Bukan Penerima Upah Pemerintah Daerah (PBPU Pemda) atau tanggungan pemerintah.

Oleh karena itu, Nurhani berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pinrang dan BPJS Kesehatan Cabang Parepare karena selalu mengupayakan pelayanan yang maksimal kepada peserta JKN.

”Terima kasih banyak atas segala upaya yang dihadirkan oleh Pemerintah Kabupaten Pinrang karena telah menghadirkan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Terima kasih juga kepada BPJS Kesehatan yang selalu menghadirkan layanan yang mudah diakses,” jelasnya.

Sejak menjadi peserta JKN, Nurhani mengaku sudah sering memanfaatkan layanan JKN. Terakhir kali ia menggunakannya di Puskesmas Bungi. Pelayanan yang ia dapatkan sangat memuaskan, ia mengaku tidak mendapatkan perbedaan pelayanan dengan peserta lain.

”Terakhir saya gunakan di Puskesmas Bungi kemarin. Pelayanannya mantap sekali, semua pasien yang datang diperlakukan setara dan tidak ada perbedaan layanan dengan pasien umum,” ungkapnya.

Selain itu, Nurhani mengaku selain pelayanan oleh tenaga kesehatan di tempatnya terdaftar sangat baik. Antrean yang menunggu tidak terlalu panjang, dan obat tersedia dengan lengkap.

”Pokoknya dokter dan perawat di fasilitas kesehatan sangat ramah-ramah, selalu memastikan kondisi kita baik-baik saja, ditanya kebutuhannya apa, apakah ada keluhan tambahan. Tenaga kesehatan juga nampak full senyum saat melayani pasiennya. Tentu jika pasien diperlakukan begitu pasti hatinya senang, suasana hati kan berpengaruh juga pada kesehatan,” jelasnya.

Nurhani berharap BPJS Kesehatan terus menghadirkan layanan yang bisa memberikan kepuasan kepada peserta. Ia juga berpesan kepada seluruh peserta JKN untuk memanfaatkan kanal layanan yang telah dihadirkan.

”Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus berkelanjutan dan selalu mengutamakan kepuasan peserta. Selain itu, untuk seluruh peserta JKN dimanapun berada, cobalah untuk memanfaatkan berbagai layanan dan kemudahan yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan,” tutupnya.

Perlu diketahui, selain BPJS Online, terdapat pula berbagai layanan administrasi tatap muka dari BPJS Kesehatan dengan sistem jemput bola atau yang turun langsung ke lapangan, yaitu layanan BPJS Keliling.

Selain itu, terdapat pula kanal layanan non tatap muka yang bisa diakses oleh peserta kapan dan dimana saja, yaitu Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) melalui nomor 0811 8 165 165, dan Care Center 165. (*)

  • Bagikan