Urus Administrasi JKN Lebih Mudah Melalui BPJS Keliling

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - BPJS Kesehatan terus memperluas jangkauan layanan dan edukasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui kegiatan BPJS Keliling, yang membantu masyarakat dalam pengurusan administrasi tanpa harus datang langsung ke kantor cabang.

BPJS Keliling secara rutin hadir di berbagai titik. Tidak hanya di bagian kota saja, namun juga pada wilayah yang aksesnya masih sulit dijangkau seperti pedesaan atau daerah terpencil lainnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful menyampaikan bahwa layanan ini merupakan salah satu komitmen yang digalakkan oleh BPJS Kesehatan dalam menghadirkan kemudahan bagi peserta JKN di wilayah kerja Kota Parepare.

”Salah satu komitmen kami kepada masyarakat, khususnya di wilayah kerja Parepare adalah BPJS Keliling yang merupakan salah satu program rutin diadakan di berbagai lokasi,” ucapnya.

Kondisi geografis wilayah kerja Kota Parepare yang meliputi Kabupaten Pinrang, Kabupaten Barru, dan Kabupaten Sidrap yang beberapa berada di wilayah pegunungan menjadi salah satu tantangan masyarakat ketika ingin mengakses layanan administrasi Program JKN. Kondisi inilah yang menjadikan BPJS Keliling sangat relevan dan efektif.

Lebih lanjut, Andi Rismaniswati Syaiful mengatakan BPJS Kesehatan akan terus bersinergi dengan pemangku kepentingan di tiap wilayah kerja Kota Parepare agar setiap masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, mudah, cepat, dan setara untuk mewujudkan pelayanan yang inklusif.

”BPJS Kesehatan Cabang Parepare tentunya terus bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan baik di Kab. Barru, Sidrap, dan Pinrang untuk menghadirkan pelayanan yang inklusif, agar seluruh masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara,” tegasnya.

Kegiatan BPJS Keliling dijadwalkan tiap bulannya untuk mengunjungi kantor kecamatan atau posyandu minimal seminggu sekali. Informasi terkait waktu dan lokasi pelayanan akan disampaikan dari kecamatan ke kelurahan. Selanjutnya diteruskan hingga tingkat dusun melalui para kepala dusun, agar pesan ini menjangkau seluruh masyarakat.

Kali ini, BPJS Keliling hadir di Posyandu Cenderawasi V, Kelurahan Lumpue, Kota Parepare, Kamis (13/06). Antusiasme masyarakat menyambut petugas BPJS Keliling terlihat dengan puluhan peserta yang datang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengakses layanan administrasi, maupun konsultasi seputar Program JKN.

Pada layanan BPJS Keliling kali ini, rata-rata pelayanan yang didapatkan oleh peserta yaitu peralihan segmen peserta, perubahan fasilitas kesehatan (Faskes), pengecekan tunggakan, dan pendaftaran Aplikasi Mobile JKN. Tidak hanya dibantu registrasi, peserta yang datang juga dijelaskan dan diarahkan cara menggunakan Aplikasi Mobile JKN.

Salah satu peserta yang hadir saat itu, Sri Wulanda Husain (32), Ibu Rumah Tangga yang terdaftar pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dengan hak kelas 2, yang memanfaatkan layanan BPJS Keliling di Posyandu Cenderawasih V.

”Kemarin disampaikan kalau akan ada layanan BPJS Keliling di Posyandu. Sekalian saya juga mau bawa anak saya ke Posyandu, jadi saya sekalian mengecek status kepesertaan anak ketiga saya,” jelasnya.

Selain melakukan pengurusan administrasi, Sri juga melakukan registrasi pada Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, aplikasi ini akan sangat membantu dirinya dan keluarga ketika ingin melakukan pengecekan administrasi.

”Setelah dijelaskan ada Aplikasi Mobile JKN, saya langsung mengunduh pada ponsel. Mungkin ke depan jika ingin mengecek status kepesertaan atau lain-lain, bisa tinggal buka aplikasinya. Ini sangat memudahkan ya,” jelasnya.

Selain Aplikasi Mobile JKN, terdapat pula beberapa kanal pelayanan administrasi seperti Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) di 0811 8 165 165 dan Care Center 165. Kanal pelayanan non tatap muka tersebut dapat diakses kapan dan di mana saja. (*)

  • Bagikan