Keren, Alumni SMAN 1 Parepare Ini Serahkan Credentials kepada Presiden Republik Portugal

  • Bagikan

PORTUGAL,PAREPOS.CO.ID– Alumni SMAN 1 Kota Parepare yang kini menjabat Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Portugal, Rudy Alfonso, telah menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan (Letters of Credence) kepada Presiden Republik Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, di Istana Kepresidenan Palácio Nacional da Ajuda, Lisabon, Senin 17 Januari 2022, kemarin.

Pertemuan antara Dubes RI Lisabon dengan Presiden Marcelo Rebelo de Sousa. Presiden Portugal didampingi oleh Sekretaris Negara bidang Hubungan Luar Negeri, Francisco André.

Prosesi upacara penyerahan surat-surat kepercayaan dimulai dengan ketibaan Duta Besar LBBP RI di Palácio Nacional da Ajuda pada pukul 15.00 waktu setempat. Duta Besar (Dubes) LBBP RI disambut oleh Pasukan Kepresidenan (Presidential Guard Battalion), kemudian dikumandangkan lagu kebangsaan kedua negara dengan khidmat.

Setelah menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Portugal, Dubes LBBP RI kemudian menuju ruang Diplomatik (Sala Diplomatico) untuk sesi private audenice dengan Presiden Portugal. Selama private audience tersebut, Presiden didampingi oleh Sekretaris Negara bidang Hubungan Luar Negeri, Francisco André.

Pada kesempatan tersebut, Dubes LBBP RI menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Portugal dan rakyat Portugal. Presiden Portugal dan Dubes LBBP RI sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral, terutama di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata sebagai upaya pemulihan ekonomi karena adanya pandemi.

Presiden Portugal menyambut baik salam hangat dari Presiden RI dan rakyat Indonesia seraya mengucapkan selamat datang serta mendukung keberhasilan misi Dubes LBBP RI di Portugal. Sejak pemulihan hubungan diplomatik Indonesia-Portugal tahun 1999.

Duta Besar Rudy Alfonso yang juga putra kelahiran Sulawesi Barat ini merupakan Duta Besar ke-6 yang dipercaya oleh Pemerintah Indonesia sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Portugal. Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Dubes RI kepada Presiden Portugal menandai secara resmi tugas Dubes Rudy Alfonso di Portugal.

Prosesi penyerahan surat-surat kepercayaan yang dilakukan dimasa pandemi Covid-19, berbeda dengan prosesi yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya, prosesi penyerahan surat-surat kepercayaan dilakukan di Istana Kepresidenan Palácio Nacional de Belém dengan sebelumnya diarak terlebih dahulu oleh pasukan berkuda dari Biara Jerónimos hingga menuju Istana Belém.

Selain Dubes RI, pada hari yang sama Presiden Portugal juga menerima 5 (lima) Duta Besar Resident lainnya yaitu Swiss, Peru, Libya, Pantai Gading dan Mesir.(*)

  • Bagikan