Pemanfaatan RPH Parepare, Permudah Pengangkutan Hewan Ternak

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementrian Pertanian RI, Nasrullah  langsung meninjau UPTD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Parepare, di Jalan Satelit, Jumat 7 Januari 2022.

Nasrullah dalam kunjungannya menyampaikan RPH Parepare perlu dikelola dengan baik, untuk menjamin kerjasama dengan PT BULS.

Selain itu kata dia, RPH Parepare juga   memakan anggaran PAD yang besar.

Dengan pemanfaatan RPH Parepare, juga dapat mempermudah pengangkutan hewan ternak ketika telah diolah.

“Mengirim ternak itu resikonya banyak, mulai dari kematian, plus ongkos. Apabila didekatkan produksi dan rumah potong, efisiensi bisa dilakukan karena berdekatan sumber produksi.  Jadi kemana-kemana dalam bentuk daging bukan sapi lagi. Nilai tambahnya angkutan bisa mudah,” tuturnya.

Sehingga ia mendorong pemerintah kota Parepare agar bisa melakukan langkah pemanfatan aset tersebut secara maksimal karena RPH dibutuhkan.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Parepare, Ir Wildana, mengatakan RPH Parepare akan dimaksimalkan  pemanfataannya sesuai dengan fungsinya.

“Selama ini RPH berfungsi tapi saat ini digunakan hanya pedagang lokal, dan nanti PT BLUS yang gunakan. Selama ini 4-5 ekor per hari buka mulai jam 2 subuh,” ungkapnya.

Ia menerangkan untuk penganggaran dan kerjasamanya akan dilakukan pengkajian terlebih dahulu. (ana)

  • Bagikan