Aplikasi Elsimil, langkah Pemkot Parepare Turunkan Angka Stunting

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menerima kunjungan perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan.

Penerimaan dilaksanakan di kantor DPPKB, Kamis 24 Februari 2022, dan dihadiri kepala kantor KUA empat kecamatan, kader pendampingan, dan Pokja IV TP PKK Kota Parepare.

Kepala bidang Keluarga Berencana Dinas PPKB dr. HJ Zulfadyanty mengatakan, aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi bayi yang akan dilahirkan dengan melihat kondisi calon pasangn pengantin. Hal itu kata dia juga salah satu cara untuk membantu penurunan stunting.

“Yang bisa mengakses cuma pendamping dan untuk calon pengantin,”tuturnya.

Elsimil kata dia dapat diakses seluruh masyarakat di Indonesia, dengan mengunduh menggunakan playstore.

Sistem kerja Elsimil yakni dengan pencatatan seluruh informasi, yang diperoleh dari pemeriksaan kesehatan yang dilakukan ibu dan calon ibu sebelum hamil. Utamanya tiga komponen tim pendamping keluarga yakni bidan, TP PKK dan kader BKKBN.

Pada aplikasi tersebut juga memberikan edukasi tentang kesiapan pra nikah, kesiapan kehamilan, kesehatan reproduksi, kontrasepsi dan pencegahan kanker. (ana/B)

  • Bagikan