Juni Tahapan Pemilu, KPU Siapkan Diri Sukseskan Pemilu 2024

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkep mengikuti peluncuran hari pemungutan suara serentak tahun 2024.

Peluncuran pemungutan suara serentak secara daring yang diselenggarakan KPU RI ini dihadiri, Dandim 1421/Pangkep, Anggota Partai Politik (Parpol), Forkopimda dan undangannya lainnya.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutannya mengatakan bahwa KPU sudah menetapkan jadwal Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2024, yang dituangkan ke Surat Keputusan No.21 Tahun 2022 yaitu pada tanggal 12 Februari 2024.

Saat ini kata dia, KPU terus mempersiapkan diri. Mulai dari menyiapkan regulasi dan SDM dalam rangka mensukseskan Pemilu tahun 2024.

“Tentu kami tidak akan bisa menyelenggarakan Pemilu 2024 tanpa dukungan dari Pemerintah, DPRD, Parpol dan stakeholder lainnya,” kata Ilham, Senin 14 Februari 2022.

Terkait dengan akurasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU akan terus berupaya semaksimal mungkin agar bisa menghasilkan daftar pemilih tetap dengan akurat.

“Caranya kita berkolaborasi dengan Pemerintah, Parpol dan juga stakeholder lain,” imbuhnya.

Selain itu, persiapan yang telah dilakukan KPU adalah terkait persiapan anggaran. KPU berkomitmen untuk mengembangkan sarana dan prasarana KPU di Provinsi, Kab/Kota.

“Ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan sarana dan prasarana dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024 nanti,” ucapnya.

“Semoga apa yang kita ikhtiarkan bersama bisa untuk mewujudkan demokrasi yang kuat melalui pemilu yang berintegritas, jujur, adil dan bermartabat,” tutupnya.

Sementara Ketua KPU Pangkep, Burhan mengatakan, peluncuran hari pemungutan suara serentak ini bertepatan dengan hari valentine.

Hal ini dikarenakan tepat dua puluh empat bulan atau dua tahun sebelum hari pemungutan suara. Untuk tahapan pemilunya, kata dia, akan dilakukan pada bulan Juni di tahun 2022. “Insya Allah bulan Juni akan dilakukan tahapan pemilu di tahun ini,” ujarnya. (min/B)

  • Bagikan