Menparekraf Apresiasi BI Dukung Gernas BBI-BWI di Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, PAREPOS.FAJAR.CO.ID– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi Bank Indonesia (BI) dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI) yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Menparekraf Sandiaga pada acara Opening Ceremony Gernas Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja, di Sulawesi Selatan pada Kamis, 24 Februari 2022, menyambut baik acara yang mengambil tema “Semangat PINISI – Perkuat Inisiasi Nyata melalui Inovasi dan Sinergi, untuk Pemulihan Ekonomi: Recover Together, Recover Stronger”.

“Kemenparekraf ingin berterima kasih kepada BI. Kami sudah keliling di Bali, Danau Toba, Pulau Mahoni, Jakarta, Makassar, dan lain-lain, bahwa yang produk UMKMnya dibina BI mempunyai keunggulan. Dan kata Pak Menkomarves itu ‘paten’. Jadi kita harapkan ke depan BI terus menjadi motor penggerak lokomotif, kita memberdayakan UMKM dengan tema recovery together recover stronger,” kata Menparekraf.

Sandiaga menjelaskan produk ekonomi kreatif di Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk dari luar negeri. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk bangga dengan produk buatan Indonesia.

Lebih lanjut, Sandiaga juga mengajak masyarakat untuk berwisata di Indonesia dalam mendukung pemulihan perekonomian nasional.

“Yang kedua adalah ini BBI, Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, tapi jangan cuman bangga, tapi beli buatan Indonesia dan juga berwisata di Indonesia. Pak Bupati, Pak Walikota, saya sudah beli kain tenun yang saya pakai. Jadi kita jangan jadi Rohali (Rombongan Hanya Lihat-lihat), atau Rihana (Rombongan hanya nanya-nanya, kita semua harus jadi Rojali (Rombongan Jadi Belanja dan Beli),” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengapresiasi Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, yang telah berkontribusi dalam membangkitkan pariwisata di daerahnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada Plt Gubernur Sulawesi Selatan, karena beliau ini sudah bisa mendapatkan minat 2000 tiket ke Mandalika dari Makassar. Tapi mohon bantuan Pak Menkomarves untuk pesawatnya dari Makassar ke Lombok. Nanti Pak Menkomarves bantu, karena tiketnya terjual pak,” ujar Sandiaga.

Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan; Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman; Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Abdullah Azwar Anas. Dan hadir secara daring Deputi Gubernur Bank Indonesia; Juda Agung dan Aida S. Budiman.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan pemerintah akan membuat program untuk mendukung UMKM, yaitu program yang mewajibkan belanja pemerintah sebesar Rp400 triliun menggunakan e-catalog.

“E-catalog ini dapat menjadi wadah bagi UMKM. Dan diproyeksikan akan mencetak puluhan ribu UMKM baru dan menyediakan ratusan ribu produk,” ujar Luhut. Luhut juga menjelaskan bahwa nantinya melalui e-catalog, belanja Pemerintah dapat dilakukan secara lebih akuntabel dan lebih mudah dalam proses pendaftaran.(*/ade)

 

  • Bagikan