Waspada Cuaca Buruk, BPBD Parepare Siapkan Penjagaan 24 Jam

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Berdasarkan perikaraan cuaca buruk yang dilkeluarkan Badan Metrologi, Klimotologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah IV, yang dikeluarkan mulai 20-23 Februari 2022 hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan salah satunya di Kota Parepare.

Tidak hanya potensi hujan lebat, gelombang tinggi rough sea (gelombang 2.5 – 4.0 m) juga terjadi di Kota Parepare. Menyikapi kondisi tersebut, posko terpadu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kota Parepare tetap melakukan posko penjagaan 1 x 24 jam bergilir.

Selain itu, melakukan koordinasi dengan instansi dan lembaga terkait intensitas kondisi alam saat ini.
Staf Kedaruratan dan Logistik, Erik mengatakan, untuk kesiapan personil tetap di posko atau kantor masing-masing mengingat kondisi peningkatan Covid-19 semakin meningkat.

“Adapun Tim gabungan yang stay pada kondisi tanggap darurat dan siap diturunkan bila dibutuhkan diantaranya, TRC BPBD Kota Parepare , Pos Unit Basarnas Kota Parepare, SAR Brimob, Dinas Pemadam kebakaran & Penyelamatan, Call Center 112, Potensi SAR Gabungan Relawan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, bagi masyarakat yang melakukan pelaporan melalui Call Center 112, maka akan ditindak lanjuti  sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, kata dia, karena adanya potensi hujan lebat dan angin kencang, BPBD bersama pihak terkait melakukan penebangan pohon yang dianggap telah rapuh, dan sesuai pelaporan warga.

Pemangkasan, lanjut Erik, dilakukan karena menyambut HUT Kota Parepare. “Pemangkasan merupakan gabungan inisiatif dan laporan warga, Karena semua tidak terjangkau oleh pantauan tim. Jadi BPBD, DLH, dan Damkar intens melakukan pemangkasan yang dianggap rawan tumbang dan yang dapat membahayakan warga maupun pengendara yang melintas,” ungkapnya.

Ia mengimbau kepada warga agar tetap dalam kondisi waspada, mengingat cuaca buruk terjadi tiga hari kedepan. “Khususnya Kota Parepare agar tetap waspada dalam melakukan aktifitas mengingat kondisi cuaca yang diperkirakan oleh BMKG yang akan berlangsung selama 3 hari baik itu angin kencang, longsor, banjir, dan hujan sedang hingga hujan lebat,” tutupnya. (ana/B)

  • Bagikan