Bappeda Tampung Aspirasi Forum Perangkat Daerah

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare hadir dalam Forum Perangkat Daerah yang diadakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Parepare, yang baru lalu.

Dalam Forum Perangkat Daerah itu, usulan didominasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Parepare. Itu karena 2024 Pemilu serentak akan dilaksanakan di seluruh Indonesia termasuk di Parepare.

Tahapan Pemilu sudah dimulai satu tahun sebelum tahun Pemilu. Berarti pada 2023 sudah harus dianggarkan biaya-biaya terkait persiapan Pemilu pada 2024.

Kepala Bidang Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede Alamsyah Wakkang yang menghadiri Forum Perangkat Daerah mengungkapkan, usulan dari KPU dan Bawaslu itu antara lain, terbentuknya Kelurahan Percontohan Sadar Pemilu di empat Kecamatan di Parepare.

“Kelurahan Sadar Pemilu ini hadir mensosialisasikan pentingnya menangkal money politics, pelibatan pemilih pemula yakni warga negara berusia di atas 17 tahun dan purna bakti TNI Polri. Ini sebagai upaya mensukseskan Pemilu. Dan sosialisasi netralitas ASN dalam Pemilu,” ungkap Dede.

Usulan selanjutnya, kata Dede, adalah biaya pengaman Pemilu untuk menciptakan Pemilu yang aman dan terkendali.

Dalam Forum Perangkat Daerah Kesbangpol ini disepakati untuk tetap menganggarkan kegiatan-kegiatan yang bersifat pembauran kebangsaan yang digagas oleh Forum Pembauran Kebangsaan. Dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bela negara oleh Forum Bela Negara Parepare.

Forum Perangkat Daerah dihadiri oleh Ketua KPU Parepare, Ketua Bawaslu Parepare, Kasi Intel Danramil, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Parepare, Ketua Forum Bela Negara Parepare, dan perwakilan SKPD terkait.(anj/B)

  • Bagikan