Buka Musrenbang Perempuan, Wali Kota Parepare Ingatkan Tempatkan Perempuan Posisi Terhormat dan Strategis Dalam Pembangunan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perempuan tingkat Kota Parepare, di Balai Ainun Habibie, Parepare, Selasa, 15 Maret 2022.

Dalam sambutannya, Taufan Pawe mengingatkan pentingnya peranan dan partisipasi perempuan dalam pembangunan. Karena itu, dia menekankan, perempuan harus ditempatkan pada posisi terhormat dan strategis baik dalam pemerintahan, pembangunan, dan segala aspek kehidupan kemasyarakatan. Penekanan Taufan Pawe sejalan dengan tema Musrenbang Perempuan yakni Mewujudkan Perempuan Mandiri Sebagai Pilar Menuju Generasi Tangguh dan Keluarga Sejahtera.

“Musrenbang Perempuan ini merupakan jaminan dari Pemerintah Kota Parepare bahwa perempuan akan memperoleh peran yang sama dalam pembangunan dan memperoleh hak yang sama untuk merasakan hasil-hasil pembangunan di Kota parepare,” tegas Wali Kota berlatar belakang profesional hukum ini.

Penegasan Taufan Pawe itu dalam bentuk instruksi kepada seluruh perangkat daerah untuk dapat mensinergikan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dengan usulan yang direkomendasikan dari pelaksanaan Musrenbang Perempuan sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

“Saya juga menekankan bahwa pelaksanaan Musrenbang Perempuan ini merupakan upaya Pemerintah Kota Parepare untuk mewujudkan Kota Parepare yang inklusif dan ramah terhadap anak dan perempuan,” tekan Taufan Pawe.

Dia mengemukakan, Pemerintah Kota Parepare mendorong agar perempuan sebagai ibu rumah tangga memahami tugasnya sebagai pendidik utama dalam keluarga untuk menyiapkan generasi muda yang unggul dan berdaya saing global, yang akan berperan dalam kemajuan daerah, bangsa dan negara untuk memanfaatkan bonus demografi pada 2040 mendatang.

Di penghujung sambutannya, Wali Kota Parepare dua periode ini mengingatkan seluruh kepala perangkat daerah dan segenap jajarannya bahwa peningkatan daya saing daerah menjadi hal yang mutlak untuk memposisikan Parepare sebagai wajah terdepan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Hadir dalam pembukaan Musrenbang Perempuan, Ketua TP PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan yang menjadi salah satu narasumber, Ketua DPRD Parepare, Hj Andi Nurhatina Tipu, Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha dan jajaran, para Kepala SKPD, jajaran pejabat Pemkot Parepare, kalangan organisasi perempuan, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Hadir juga perempuan-perempuan yang mendapat posisi strategis di Pemkot Parepare, di antaranya Asisten I Hj Amina Amin, Asisten II Suriani, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Andi Rusia, Kepala Dinas PMPTSP Hj St Rahmah Amir, Kepala Dinas PKP Wildana, Kepala Dinas Kesehatan Rahmawaty Natsier, Direktur RSUD Andi Makkasau dr Hj Renny Anggraeny Sari, hingga Camat Bacukiki Barat Fitriany. (*)

  • Bagikan