Harga Cabe Kian Pedas Jelang Ramadan

  • Bagikan

POLMAN,PARE POS.CO.ID,– Jelang bulan suci ramadan 1443 hijriah harga kebutuhan pokok dikabupaten Polman mengalami kenaikan dari harga sebelumnya. Sesuai data dari Disperindagkop Polman bahwa harga yang mengalami kenaikan yakni harga jenis cabe, baik cabe kriting, cabe rawit maupun cabe hijau dan cabe besar.

Sebelumnya cabe besar dari harga Rp 35.000 ribu/ kg naik menjadi Rp 50.000/kg cabe kriting dari harga Rp 36.000/kg naik menjadi Rp 50.000/ kg cabe rawit merah dari harga Rp 55.000/kg naik menjadi Rp 56.000/kg cabe rawit hijau dari harga Rp 20.000/ kg naik menjadi Rp 25.000/ kg.

Namun disisi lain harga daging sapi justru mengalami penurunan dari harga Rp 125.000/ kg turun menjadi Rp 120.000/ kg. Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Patriasmal menjelaskan,  kenaikan kebutuhan pokok cabe di picu Lantaran banyaknya permintaan dari Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah.

Khusus cabe menurut informasi dari anggota yang turun kelapangan memantau bahwa naiknya harga cabe dipasaran lantaran banyak permintaan dari Morowali. “Kebutuhan cabe, sehingga para pedagang di sini melayani permintaan dari Morowali tersebut yang menyababkan stok di pasar berkurang sehingga harganya mahal,”jelas Fatriasmal, Rabu 16 Maret 2022.

Ia menyampaikan untuk kembali menstabilkan harga cabe dipasaran pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Polman serta Pimpinan untuk bagaimana menyikapi kenaikan harga cabe apakah akan berkordinasi dengan pemasok cabe atau bagaimana.” Yang jelasnya menyikapi kenaikan harga cabe ini kami kordinasi dengan pemasok yang ada diluar untuk bagaimana bisa menyuplai cabe di Polman untuk stabilisasi harga,”katanya.

Sekedar diketahui bahwa kebutuhan pokok seperti sayur mayur dan Cabe di Polman tersebut disuplai dari kabupaten Enrekang ataupun Pasar tradisional yang ada di Makassar sehingga patriasmal berharap para petani yang ada di Polman untuk dapat meningkatkan hasil tanaman nya agar tidak terlalu tergantung dari kabupaten Enrekang.(win/B)

  • Bagikan