Mengenang Sejarah, Pemkab Soppeng Gelar Mapparewe Sumange Ompo

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Dispaspora) menggelar acara budaya “Mapparewe Sumange na Ompo” di objek Wisata Alam Permandian Ompo, Rabu 16 Maret.

Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini tentu banyak yang tidak paham dan mengetahui kalau Ompo mempunyai history bagi masyarakat Soppeng, dan kegiatan seperti ini telah ada dari masa ke masa.

Menurutnya, Mapparewe Sumange merupakan suatu tradisi bagi masyarakat Soppeng untuk senantiasa mengenang sejarah serta menjadi simbol pemersatu masyarakat Soppeng. Dengan kegiatan budaya ini, mari kita bersama-sama menjaganya untuk kita jadikan warisan kepada anak-anak kita.

” Namun kegiatan yang dilaksanakan hari ini dilakukan dengan sederhana dan berbeda dari sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Walaupun berbeda, tapi tidak mengurangi makna yang terkandung di dalamnya,” ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan semata-mata sebagai rasa syukur masyarakat Kabupaten Soppeng atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT dengan adanya sumber air Ompo ini. Dimana Ompo dari dulu terkenal di Kabupaten Soppeng dan menjadi tempat favorit bagi masyarakat.

Lanjut Andi Kaswadi, Ompo mempunyai sejarah, dimana dulu ada seorang petani yang sedang membajak sawahnya namun dia tenggelam bersama kerbaunya, dan dari sinilah muncul sumber air. Sehingga dapat kita artikan bahwa sejarah mempunyai cerita dan inilah bukti kekuasaan Tuhan yang luar biasa.

Percaya atau tidak, kata Andi Kaswadi, dulu ada 2 hal yang menarik di Ompo, dimana dalam keadaan yang mendesak dia datang kesana berdoa kepada Tuhan YME agar sumber air Ompo bertambah debitnya dan Alhamdulillah kami belum meninggalkan tempat tersebut debit airnya sudah bertambah.

Dia juga mengaku pernah melihat langsung ada anak yang tenggelam dan hanya terlihat bayangannya. “Jadi kami berdoa untuk menyelamatkan anak ini dan Alhamdulillah anak itu selamat. Ini adalah fakta yang kami alami sendiri di Ompo,” kata Andi Kaswadi.

Sementara Kadis Paspora Soppeng, Hj Andi Nurlina mengatakan, kegiatan Mapparewe Sumange na Ompo ini merupakan bentuk mengembalikan semangat masyarakat Kabupaten Soppeng, dan rasa syukur masyarakat atas segala keselamatan dan rezeki yang diterima atas sumber mata air yang ada di kawasan Ompo.

” Semoga mata air ini terus mengalir sehingga para pengunjung permandian Ompo dan para wisatawan lokal maupun luar, khususnya para atlit bisa terus berlatih di tempat ini,” ujarnya. (wis/B)

  • Bagikan