Polres Parepare Jamin Keamanan Pelaksanan Ibadah Ramadan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Jelan bulan Ramadan, Polres Parepare persiapkan dan laksanakan sejumlah agenda demi keamanan dan kenyamanan warga melaksanakan ibadah dalam Ramadan nantinya, yang diprediksi dimulai antara 2 atau 3 April.

Kapolres Parepare, AKBP Andiko Wicaksono, mengatakan, selain genjot vaksinasi Covid-19, penerapan protokol kesehatan (Prokes). Juga menyiapkan pengamanan tempat-tempat vital, utamanya masjid tempat melaksanakan ibadah salat Tarawih nantinya.

“Kita kejar target vaksinasi booster kita. Mengingat saat ini pemerintah membolehkan mudik, namun harus persyaratan vaksin lengkap dosis satu dua dan tiga. Sehingga itulah tetap jadi atensi utama kita menjelang bulan puasa,” jelas AKBP Andiko saat silaturahmi dengan sejumlah jurnalis Parepare, Rabu, 30 Maret 2022.

Lebih lanjut, AKBP Andiko mengatakan, teknis pelaksanaan vaksinasi selama bulan Ramadan, pihaknya berpegangan fatwa MUI. Dan warga yang melaksanakan ibadah agar tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker dan menjaga kebersihan atau cuci tangan, sebisa mungkin hindari kerumunan.

“Teknisnya selama bulan Ramadan, kami berpegangan fatwa MUI, yang mana MUI mengeluarkan fatwa tetap memperbolehkan masyarakat melaksanakan vaksin sepanjang kesehatannya tercukupi atau kesehatannya mendukung,” lanjutnya.

Namun demikian, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan strategi dan itu disampaikan kepada unsur Forkopimda.

“Kami melemparkan kepada Forkopimda bahwasanya kita sedikit merubah strategi dengan melaksanakan vaksinasi pada malam hari. Artinya malam hari, kami mungkin melaksanakan kegiatan tersebut pada saat pelaksanaan operasi yustisi juga. Jadi kami akan laksanakan vaksin di tempat,” ujarnya.

Selain genjot vaksinasi, Polres Parepare juga tetap melakukan pengamanan di tempat ibadah saat Ramadan.  

“Kami sudah siapkan untuk personil, begitupun teknis pengamanannya. Dan tetap kami mengupayakan mengedepankan protokol kesehatan, meskipun kita berada di level dua sesuai Instruksi Mendagri yang terakhir,” jelasnya.

Selain itu, memastikan bahan pokok tetap dapat dirasakan warga Kota Parepare, pihaknya juga melakukan pengawalan dalam pendistribusian bahan pokok pada masyarakat.

“Kita tetap melaksanakan pengawalan terhadap kegiatan pendistribusian komoditi sembilan bahan pokok. Kemarin juga beberapa hari terakhir kita laksanakan terus. Kondisi terakhir sembilan bahan pokok khususnya minyak goreng curah di kota Parepare dapat dikatakan masih bisa tercukupi,” terangnya.

Tidak hanya itu, menjelang bulan Ramadan, Kapolres Parepare juga harap kepada masyarakat agar menjaga ketertiban masyarakat mengingat akan banyak tradisi-tradisi yang nantinya akan berjalan selama bulan suci ramadan di Kota Parepare.

“Kami juga tentunya mengatasi kegiatan balap liar yang mana memang mengingat situasi yang kami dapatkan, biasanya menjelang sahur atau setelah sahur, kami dengar cukup ramai untuk kegiatan tersebut. Sehingga kami perlu berpesan kepada masyarakat, sedini mungkin kami akan mengantisipasi dengan bekerja sama dengan unsur terkait baik Pemkot, TNI-Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” tandasnya. (nan)

  • Bagikan