Puspaga Pedulita DP3A Parepare, Ajak Orang Tua Bersikap Positif Pada Anak

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Pedulita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas Lemoe Kota Parepare, memberikan edukasi kepada pengasuh anak dan pemeriksaan kesehatan fisik di Kampung Bilalange, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki Kota Parepare, Jumat 25 Maret 2022.

Sekretaris Puspaga Pedulita Kota Parepare Sriyanti Ambar mengatakan, edukasi pengasuh anak dan pemeriksaan kesehatan fisik dilakukan setelah pihaknya
mendapatkan laporan dari Dinas Sosial Parepare.

Hal tersebut bahwa, ada Anak jalanan (Anjal) yang butuh intervensi. Sehingga langkah awal Puspaga Peduli yang merupakan binaan Ketua Tim penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan dan Pemkot Parepare, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Parepare
melakukan asesment untuk mendapatkan informasi awal tentang Anjal.

“Saat ini kita lakukan intervensi lanjutan setelah mendapatkan hasil asesmen, “katanya.

Sriyanti Ambar menjelaskan, selain melakukan asesmen pihaknya juga melakukan penanganan kesehatan terhadap anjal.

Melakukan pemeriksaan fisik seperti pengukuran status gizi DG, penimbangan berat badan dan panjang badan 3 balita.

“Kami juga memberikan bantuan pemberian makanan tambahan berupa formula khusus dan suplemen vitamin untuk balita yang berpotensi Wasting dan stunting,” ujarnya.

Selain itu, dia juga melakukan edukasi pengasuhan anak seperti membiasakan berkomunikasi dengan anaknya, bagaimana perlakuan saat menyusui termasuk cara menyusui yang benar.

“Bersikap positif pada anak dan tidak membentak ketika anak rewel atau menangis,” imbuhnya.(has/B)

  • Bagikan