Walikota Parepare Maknai MTQ Sebagai Forum Syiar Islam

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Pemerintah kota Parepare melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke XXIX Tingkat Kota Parepare yang dilaksanakan mulai 17 Maret 2022.Sebelum melaksanakan tilawah, Walikota Parepare HM Taufan Pawe melantik Dewan Hakim sekaligus membuka MTQ ke XXIX Tingkat Kota Parepare, di Auditorium Bj Habibie, 17 Maret. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong.

MTQ tahun 2022 mengangkat Tema “MTQ sebagai Sarana Mewujudkan Generasi Qurani Yang Unggul   Imovatif dan Berakhlak Mulia”.

Pembukaan dan pelantikan tersebut didampingi Kepala Bidang Penerangan Islam, Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Kaswad Sartono, Wakil Walikota Pangerang Rahim yang dilaksanakan.

Walikota Parepare, HM Taufan Pawe, juga menjanjikan bonus bagi peserta yang berhasil meraih juara pertama dalam ajang MTQ ke XXIX tingkat Kota Parepare. Ia menerangkan bonus tersebut diberikan sebagai bentuk keummatan, dengan tidak menerima gaji dan tunjangannya.

“Saya akan berikan bonus bagi yang juara, dan bonus ini memang dana yang saya niatkan untuk keummatan. Sumber dananya sejak saya Wali kota tidak menerima gaji dan tunjangan saya, karena memang saya gunakan untuk keummatan. untuk hal ini kenapa tidak kita bantu,”jelasnya.

Ia pun memaknai MTQ sebagai forum syiar islam. Kandungan ayat suci Al Quran  meresap di hati semua ummat muslim,  agar supaya bisa tampil sebagai pribadi muslim, dan dapat mensyukuri pembangunan yang ada.

Sementara, dalam laporannya Kepala bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Parepare, Wahyuni Chalik menyampaikan, yang mengikuti MTQ berasal dari kafilah dari empat kecamatan yang telah meraih juara dari kafila masing-masing.

Ia melanjutkan sebanyak delapan cabang lomba yang dilombakan. Diantaranya lomba tilawah tingkat anak putra dan putri, lomba tilawah tingkat dewasa putra dan putri dan Hifdzil Quran tilawah dan Musabaqah tiga cabang.

“Jadi total peserta yang mengikuti MTQ ini sebanyak 72 orang dengan hadiah untuk juara pertama Rp 4 juta, dan akan ditambahkan bonus dari Walikota, dan untuk juara Kedua mendapatkan Rp 3 juta, juara ketiga Rp 2 juta,” terang Wahyuni Chalik yang juga selaku Ketua Panitia MTQ ke XXIX. (ana/B)

  • Bagikan