Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Soppeng, Turunkan 144.392 Personel Pengamanan Gabungan

  • Bagikan

Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak memasangkan pita operasi secara simbolis kepada perwakilan peserta apel. (Foto: Darwis)

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Polres Soppeng menggelar apel pasukan operasi ketupat 2022 di Mako Polres Soppeng, Jumat, 22 April 2022.

Apel gelar pasukan ini, dipimpin Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak, diawali pemasangan pita operasi secara simbolis kepada perwakilan peserta apel.

Andi Kaswadi mengatakan, kegiatan apel ini merupakan wujud sinergitas Polri dengan instansi terkait, untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idulfitri 1443 H.

Bupati Soppeng Andi Kaswadi saat membacakan sambutan Kapolri mengungkapkan, Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Ketupat 2022 selama 12 hari dari tanggal 28 April sampai 9 Mei. Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan bandara.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan terdiri personel Polri, TNI dan personel dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

"Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.710 pos pengamanan dan 734 pos pelayanan serta 258 pos terpadu," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Kapolri, Operasi Ketupat 2022 harus dilaksanakan secara optimal. Perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi.

Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H/ tahun 2022 dengan aman dan sehat, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19.

Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat," tegas Kapolri.

Peserta apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2022 Polres Soppeng terdiri 1 SST Kodim 1423/ Soppeng, 1 SSK Polri, 1 SST Pol PP dan 1 SST PSC.

Acara dilanjutkan penandatanganan prasasti peresmian Revitalisasi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Soppeng oleh Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak didampingi Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita S.IK. (wis)

Editor: SYAHRIR HAKIM
  • Bagikan