Kendaraan Pemudik “Mengaspal” Melintasi Parepare Terus Meningkat Jelang Lebaran Idul Fitri

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Gelombang pemudik terus berdatangan. Baik melalui jalur laut maupun darat. Kota Parepare menjadi jalur penting bagi kepulangan pemudik untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halamannya.

Terlebih intensitas kendaraan pemudik yang terbilang tinggi "mengaspal" melintasi Parepare. 

Satlantas Polres Parepare pun melakukan berbagai antisipasi untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik. 

Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Muhammad Yusuf mengatakan, kegiatan ini khususnya daerah-daerah yang dilewati arus mudik seperti Pelabuhan Nusantara Parepare.

"Kami menerima jadwal keberangkatan maupun kedatangan kapal laut tiap harinya. Dan mengantisipasi kegiatan untuk penumpang yang turun dan kendaraan-kendaraan dengan cara merekayasa arus lalu lintas untuk dilewati agar tetap aman, tertib, dan lancar," katanya. 

Menurutnya, saat ini kendaraan yang melintas di Parepare mengalami peningkatan, begitupun dengan penumpang dan kendaraan yang datang melalui kapal laut.

"Selain dari pelabuhan, dari lintas darat juga sudah meningkat, terutama dari Kota Makassar yang melintas di Parepare menuju daerah lainnya," jelas AKP Muhammad Yusuf. 

Sehingga, kata dia,  pihaknya  mengantisipasi dengan melakukan pengaturan, khususnya waktu rawan atau kepadatan kendaraan. 

"Seperti di Jembatan Sumpang, dan titik ruas jalan yang merupakan persimpangan dilalui kendaraan. Kami juga imbau di lapangan karena sebelumnya kita sudah lakukan rekayasa arus lalu lintas," ujarnya.

"Kita ngatkan agar mudik lebih awal supaya  lebih aman. Termasuk kita juga imbau tetap menerapkan protokol kesehatan dengan harapan mudik harus sehat, " tambahnya.

Siagakan Pos Mudik

Polres Parepare siagakan lima posko untuk antisipasi arus mudik dan dalam rangka Operasi Ketupat 2022. 

Kata Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Muhammad Yusuf mengatakan, dari lima pos yang disiagakan, salah satunya pos terpadu yang di tempatkan dekat Pelabuhan Nusantara Parepare (depan Kantor Pos untuk melakukan pelayanan pada masyarakat.

"Ini disiapkan, khususunya bagi masyarakat yang tiba melalui Pelabuhan Nusantara Parepare," katanya.

Selanjutnya, ada Pos PAM Senggol dan Pos Pengamanan Pasar Lakessi yang merupakan  titik keramaian untuk perbelanjaan bagi masyarakat yang masuk Parepare dan masyarakat lokal.

"Sementara pos pelayanan ada dua disiapkan juga, yaitu pos pelayanan batas Kabupaten Barru dan batas Kabupaten Sidrap," ujarnya.

Ia juga mengimbau agar para pengendara tetap tertib dan safety saat mudik. 

"Kendaraan roda dua, dalam berkendara harus betul-betul safety saat berboncengan, menggunakan sepatu, jaket, helm ber SNI. Termasuk,  tetap sehat dan aman. Jangan membawa barang-barang lebih," tandasnya. (nan)

Penulis: Munandar MarzukiEditor: Salam Razak
  • Bagikan