Kunjungi Rumah Penyu, Mahasiswa Unsulbar Belajar Ekowisata dan Edukasi

  • Bagikan

POLMAN, PARE POS.CO.ID -- Berbagai macam cara dilakukan oleh Mahasiswa untuk menambah ilmu pengetahuan mereka, salah satunya adalah berkunjung ke Rumah Penyu Mampie Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Sabtu 16 April 2022, yang dikelola oleh Komunitas Sahabat Penyu untuk belajar sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Kunjungan Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) tersebut merupakan praktek kuliah lapangan dengan mata kuliah Ekonomi Politik, Program Studi Ilmu Politik.

Salah satu Mahasiswa Asriani yang juga Ketua Prodi Ilmu Politik saat memberi sambutan mengatakan bahwa kegiatan mahasiswa tersebut merupakan kuliah praktek lapangan ke rumah penyu dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Pengembangan Ekowisata Rumah Penyu. "Kunjungan mahasiswa ini untuk belajar tentang pemberdayaan masyarakat pada Sahabat Penyu yang selama ini kami anggap berjalan bersama dengan masyarakat," Kata Asriani

Pemilihan rumah penyu sebagai Tempat Praktek karena dianggap tempat ini adalah praktek teori ekonomi politik berjalan, terutama sekaitan dengan teori ekonomi politik kontemporer dimana peran-peran masyarakat menjadi pendorong utama bergeraknya faktor-faktor ekonomi yang sifatnya fundamental. "Rumah penyu memiliki peran-peran pemberdayaan masyarakat yang berbasis kolaborasi." Ujar Asriani.

Sejumlah Mahasiswa yang hadir berkesempatan untuk berdiskusi banyak tentang upaya yang dilakukan oleh Komunitas Sahabat Penyu dalam upaya mendirikan rumah penyu sebagai tempat wisata edukasi dan tempat pelestarian penyu.

Unding salah satu anggota Sahabat Penyu mengatakan bahwa sejak adanya Rumah Penyu didirikan di Mampie sudah banyak yang datang berkunjung, baik itu kalangan Mahasiswa, Pelajar, Komunitas, masyarakat umum bahkan pejabat sering datang ke Rumah Penyu. Ada yang datang belajar bahkan ada juga yang datang memang untuk berwisata. "Rumah Penyu ini menjadi tempat belajar banyak orang. Apalagi di bulan puasa ini banyak orang berkunjung belajar sambil menunggu saat berbuka puasa.

Cuma yang jadi kendala sedikit disini karena belum ada aulanya, akses juga menuju rumah penyu jalananya masih banyak yang berlubang, semoga saja pemerintah memperhatikan jalan poros menuju Mampie," tutup Unding. (win)

  • Bagikan