Patut Dicontoh, Kepedulian Pengunjung Jaga Kebersihan Anjungan Cempae

  • Bagikan
Anjungan Cempae yang terletak di Jalan Tanggul Cempae, Kelurahan Wattang Soreang, Kecamatan Soreang yang menjadi tempat favorit untuk ngabuburit selama Ramadan ini.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Kebersihan sering kali menjadi salah satu masalah yang mengganggu fasilitas publik, khususnya di kawasan ruang terbuka hijau mapun tempat wisata.

Yang tadinya bisa menikmati pemandangan yang indah, tapi karena sampah sehingga keindahan bisa berkurang.

Seperti demi menjaga keindahan di kawasan wisata, khususnya di Anjungan Cempae yang terletak di Jalan Tanggul Cempae, Kelurahan Wattang Soreang, Kecamatan Soreang yang menjadi tempat favorit untuk ngabuburit selama Ramadan ini.

Para pengunjung tetap antusias menjaga keindahan taman tersebut dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Bahkan, ada pengunjung yang terlihat memungut dan membawa pulang sampah mereka demi menjaga kebersihan taman tersebut.

Salah satunya Lastri mengaku, dirinya sengaja menyimpan sampah untuk dibawa pulang demi menjaga keindahan Anjungan Cempae, lalu sampah itu dibuang pada tempat sampah yang ada.

Ia menilai masalah kebersihan dan sampah ini sebenarnya sederhana. Jika ada kesadaran membuang sampah pada tempatnya, atau menyimpan terlebih dahulu sampai ditemukan tempat sampah.

"Hampir setiap pekan saya datang ke sini bersama teman-teman untuk ngabuburit, dengan ngabuburit di sini rasa lapar kita tidak terasa dengan melihat keindahan di Anjungan Cempae. Apalagi kita bisa melakukan berbagai aktivitas sembari menunggu adzan Magrib sambil menikmati embusan angin sore hingga senja yang memikat, "katanya.

Ia juga mengatakan, demi menjaga kebersihan di Anjungan Cempae bukan hanya pihak pengelola saja yang harus bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan setiap sudut area yang dikelolanya, pengunjung pun juga perlu ikut serta menjaga kebersihan.

"Karena kebersihan juga adalah sebagian dari iman dan berharap fenomena menumpuknya sampah di tempat wisata sudah tidak dirasakan lagi," harapnya.

Salah seorang warga Kota Parepare, yang menunggu waktu buka puasa, Andi Fitratul Ramadhani mengatakan, Anjungan Cempae sangat cocok dijadikan tempat ngabuburit untuk menunggu buka puasa.

"Ke sini mulai sekitar pukul 16.30 Wita bersama dengan teman-teman saya untuk menunggu buka puasa. Ngabuburit di sini cukup menyenangkan, kita bisa melihat senja sambil berfoto selfie, " katanya

Dia mengungkapkan dirinya sengaja datang ke sini untuk menghabiskan waktu atau pun menikmati senja sebelum berbuka bersama teman-teman. Anjungan Cempae, kata dia juga menawarkan suasana ngabuburit yang seru karena pesona pantainya.

"Kita juga bisa menikmati embusan angin pantai dan dapat menyaksikan matahari terbenam dari atas jembatan, " tandasnya. (has)

Editor: salman razak
  • Bagikan