Pemkot Parepare Terus Wujudkan Pemerintahan yang Baik dan Bersih

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Parepare membuka secara resmi pelaksanaan bimtek penilaian mandiri Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) 2022. di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare pada Rabu, 20 April 2022.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus melahirkan terobosan baru sebagai komitmen mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel atau Good Governance dan Clean Government.

Salah satunya dengan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) penilaian mandiri Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) 2022. Bimtek itu secara resmi dibuka Wakil Wali Kota (Wawali) Parepare, H Pangerang Rahim di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare pada Rabu, 20 April 2022.

Wawali Pangerang Rahim menjelaskan, bimtek SPIP itu, merupakan hal yang penting dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

"SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan Pemerintah Kota Parepare," kata Pangerang Rahim.

Dia pun berharap melalui SPIP ini dapat mencegah terjadinya penyimpangan yang mempengaruhi perolehan opini pemeriksaan WTP. "Ini berarti jika diimplementasikan dengan baik maka program dan kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan sesuai tujuan yang diharapkan," katanya.

Wawali juga menekankan Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Kota Parepare dapat meningkatkan kapabilitas dan kompetensi karena keberhasilan pembangunan bergantung pada pengawasan internal.

"Peran APIP yang efektif, tidak hanya ditunjukkan dengan skor atau level kapabilitas APIP, melainkan APIP dapat berperan secara efektif dalam memberikan layanan assurance dan consulting pada proses tata kelolapemerintahan," jelasnya.

Wawali menambahkan, SPIP dan APIP yang efektif dapat merwujudkan Good Governance dan Clean Government.

"Hal tersebut dilaksanakan dengan melakukan pengendalian intern, khususnya dalam pengelolaan administrasi keuangan daerah sesuai dengan tuntutan paradigma auditor internal yang dikehendaki pada saat ini," pungkasnya. (*)

  • Bagikan