Puluhan Tahun Kelola Sampah, IRT di Parepare Dapatkan Ini

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim dan Kadis DP3A Kota Parepare, Andi Rusia serta Kabid KG DP3A Parepare, Sriyanti Ambar foto bersama dengan Mellyani Syarif usai menerima penghargaan perempuan berprestasi di bidang lingkungan hidup. Penghargaan diserahkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Naomi Oktarina di Baruga Pattingalloang Makassar bertepatan puncak peringatan Hari Kartini pada Kamis, 21 April 2022.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Puluhan tahun mengelola sampah, seorang ibu rumah tangga (IRT) di Parepare, Mellyani Syarif menerima penghargaan sebagai perempuan berprestasi dan berjasa di Bidang Lingkungan Hidup untuk Kota Parepare.

Didampingi Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim dan Kadis DP3A Kota Parepare, Andi Rusia serta Kabid KG DP3A Parepare, Sriyanti Ambar, penghargaan diserahkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Naomi Oktarina di Baruga Pattingalloang Makassar bertepatan puncak peringatan Hari Kartini pada Kamis, 21 April 2022.

Penghargaan tersebut dari OASE Kementerian Dalam Negeri (Kemendagari) yang diberikan kepada 514 kabupaten/kota se-Indonesia dengan beberapa kategori. Untuk Kota Parepare masuk kategori Bidang Lingkungan Hidup, dan difasilitasi oleh DP3A Kota Parepare.

Ketua Bank Sampah Parepare, Mellyani Syarif mengaku terlibat mengerjakan persampahan pada penanganan kota tanpa kumuh (KOTAKU), dan menjadi koordinator LKM sejak adanya PNPM di Kota parepare. Ia juga enam tahun terakhir menjadi ketua bank sampah.

"Memang sudah 20 tahun berkiprah untuk penanganan lingkungan, termasuk lingkungan kota tanpa kumuh dilanjutkan enam tahun selaku pengelola bank sampah. Dan sampai sekarang masih menjadi koordinator yang bergerak di KOTAKU atau LKM Mario (Labukkang),"ungkapnya.

Kabid KG DP3A Kota Parepare, Sriyanti Ambar mengatakan, Mellyani sejak 20 tahun aktif kelola sampah. Dia mulai bergelut dengan sampah sejak di PNPM kemudian di KOTAKU hingga bank sampah.

"Berdasarkan penjelasannya itu sudah 20 tahun aktif kelola sampah. Itu data yang dikirim ke provinsi. Jadi, deskripsi penghargaan itu sudah 20 tahun Ibu Mellyani aktif kelola sampah," tandasnya. (nan)

Editor: salman razak
  • Bagikan