Puncak Arus Mudik, Polres Maros Petakan Jalur Alternatif

  • Bagikan

Kasat Lantas Polres Maros membantu mengatur lalulintas di Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. (Ist)

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, Maros - Satlantas Polres Maros telah memetakan dua jalur rawan Kemacetan saat arus mudik lebaran 2022. Kasatlantas Polres Maros, AKP Abd Malik mengatakan, dua jalur tersebut adalah Area Hutan Karaengta di Kappang, Kecamatan Cenrana dan Juga Jembatan Pute di Salenrang, Kecamatan Bontoa.

Ia menyebutkan penyebab kemacetan di dua titik tersebut didominasi oleh mobil rusak. "Karena di Maros itu kemacetannya biasanya disebabkan karena mobil rusak di badan jalan, karena yang sebelumnya menggunakan dua lajur, menjadi satu lajur saja. Tapi selagi tidak ada kerusakan itu masih normal," ujarnya Rabu 27 April 2022.

Untuk tahun ini, Malik menyebutkan jembatan Sungai Pute sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat yang berukuran kecil.

"Dalam waktu dekat, jembatan pute sudah bisa dilalui oleh mobil kecil. Informasi yang kami dapatkan, akan ada alat yang didatangkan dari Jakarta untuk menyangga, sehingga bisa dilalui mobil kecil," tambahnya.

Sementara untuk jalur alternatif, Malik menyebutkan ada tiga rute yang bisa dilalui, hanya saja jaraknya cukup jauh. "Kalau jalan alternatif itu ada, hanya saja jaraknya cukup jauh, seperti Moncongloe tembus antang, Pattene tembus tol, Salenrang tembus Tonasa melalui Kecamatan Balocci," sebutnya.

Malik pun menghimbau kepada para pemudik untuk memastikan kendaraan yang digunakan untuk mudik itu dalam keadaan baik sebelum berangkat.

"Untuk menghindari adanya mobil rusak di atas jembatan dan area hutan sehingga bisa menyebabkan perlambatan kendaraan, pemilik kendaraan harus pastikan kendaraan fit sebelum berangkat," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal menghindari penumpukan kendaraan di puncak arus mudik nanti. "Kalau bisa berangkatnya lebih awal untuk menghindari kemacetan. Kemungkinan puncak arus mudik akan terjadi 28-30 April 2022," utarnya.

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan saat arus mudik nanti, pihaknya pun menurunkan ratusan personel untuk berjaga. "Kalau dari Satlantas Polres Maros itu kurang lebih 210 orang. Dirlantas juga akan memback-up kita, kurang lebih enam orang orang satu posko," ujarnya.

Ia pun menyebutkan akan ada 6 posko pengamanan yang didirikan dalam pengamanan arus mudik 28 April tahun 2022 hingga 9 mei 2022.

"Posko ada enam, Grandmall Maros, PTB Maros, Sebelum Jembatan Pute, Kappang, Bantimurung dan Bandara," tutupnya. (guh)

  • Bagikan