Satu Kapal Pembantu Dikirim dari Parepare ke Samarinda

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID--Gelombang pemudik terus berdatangan melalui jalur laut.

Berdasarkan catatan KSOP Kota Parepare,  total jumlah penumpang yang turun di pelabuhan  telah mencapai 20 ribu jiwa lebih pada H-4 lebaran Idul Fitri. 

Itu pun calon penumpang masih membludak di Samarinda, Kalimantan Timur untuk menunggu kapal mengangkutnya ke Parepare. 

KSOP pun telah mengirim satu kapal laut pembantu ke sana. "Kita tadi kirim satu kapal yakni, KM Cattleya Express yang berangkat ke Samarinda untuk menjemput calon penumpang menuju Parepare, ungkap Kepala KSOP Kota Parepare, Triono. 

Triono mengungkapkan, sejak diberlakukannya posko mudik lebaran di Pelabuhan Parepare, jumlah penumpang terus meningkat.

Ia menyebutkan jika diakumulasi penumpang turun dan naik,  totalnya telah tembus angka 21.374 jiwa.  

"Sudah sebanyak 21.734 jiwa penumpang. Jika dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 pada tahun 2019, itu minus 19,35 persen. Tetapi secara akumulasi jika dibandingkan tahun 2021 dengan 2020, itu 164 persen terjadi peningkatan," jelasnya. . 

Meskipun terjadi peningkatan penumpang, KSOP Parepare bersama, Pelindo, Polsek KPN, KKP, SKP, Ditpolairud , Basarnas dan stakeholder terkait dalam satu tim posko terpadu Mudik Lebaran 2022, terus berupaya mengatur para penumpang agar tetap teratur saat turun ke dermaga dan dengan penerapan protokol kesehatan.

"Ini sudah kita lakukan dengan baik dan sesuai dengan program pemerintah bahwa penumpang dilayani dengan baik bersama tim posko terpadu di Pelabuhan Parepare," tandasnya. (nan)

Penulis: Munandar MarzukiEditor: Salam Razak
  • Bagikan