Taufan Pawe Intruksikan Dinkes Terkait Jatah Vaksin Zifivax di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia telah memberikan izin penggunaan Vaksin Zifivax sebagai vaksin halal untuk Booster Covid-19 di Indonesia.

Zifivax merupakan vaksin yang dikembangkan dan diproduksi oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical dengan platform rekombinan protein sub-unit. Ke depan, Vaksin Zifivax akan dikembangkan dan diproduksi di Indonesia melalui kolaborasi produksi antara PT Jakarta Biopharmaceutical Industry dan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Berdasarkan hasil uji klinis, Vaksin Zifivax juga terbukti sangat aman digunakan dengan efek samping yang ringan, hasil imunogenisitas yang tinggi, dan efektif melawan mutasi virus Covid-19.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Parepare agar berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel, BPOM, dan Kemenkes RI terkait jatah Vaksin Zifivax untuk Parepare.

“Ini kabar baik untuk penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya Kota Parepare,” kata Taufan Pawe, Kamis, 28 April 2022.

Pastikan berapa jumlah vaksin yang akan diberikan kepada Pemkot Parepare agar secepatnya dapat digunakan untuk penanganan Covid-19,” lanjut Taufan Pawe.

Uji klinis booster untuk Vaksin Zifivax sudah dilakukan di China. Hasilnya vaksinasi booster dengan Zifivax terhadap subyek yang telah disuntik dengan dua kali inactivated vaccine mampu meningkatkan antibodi hingga 2,4 kali lebih tinggi dibandingkan hasil vaksin booster dengan inactivated vaccine.

Berdasarkan hasil studi lainnya juga ditemukan bahwa Vaksin Zifivax mampu meningkatkan kadar neutralizing antibody pada subyek yang tingkat kekebalannya mulai menurun hingga hampir 50 kali lipat. (*)

  • Bagikan