Bawaslu-HIPMI Parepare MoU Terkait Pengawasan Partisipatif

  • Bagikan

PAREPARE,PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare dan Himpunan Pengurus Pelajar Indonesia (HIPMI) Parepare, menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pengawasan partisitipatif.

Ketua Bawaslu Kota Parepare Zainal Asnun mengatakan, pihaknya ke depan akan bekerjasama dengan HIPMI Parepare, untuk mengawal agenda pengawasan partisipatif pada setiap tahapan pemilu.

"Kita mau melihat bagaimana pemilu itu berlangsung secara baik dan demokratis," kata Zainal, di Kantor Bawaslu Parepare pada Kamis 19 Mei 2022.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat HIPMI Parepare Ahmad Faisal Idrus menyambut baik agenda pengawasan partisipatif itu.

Ahmad menegaskan, pihaknya sudah seharusnya mengambil peran dalam pengawasan pemilu ke depan.

"Kita tidak menunggu diberi peran sebagai anak daerah. Tentu kita memiliki nilai primordial cinta kepada daerah," kata Ahmad.

Makanya sambung dia, pihaknya wajib berkontribusi untuk peningkatan kualitas demokrasi di Parepare.

"Artinya, sebagai agen perubahan kami harus bergerak untuk kualitas demokrasi. Tentu tidak hanya meningkatkan kualitas demokrasi, tetapi juga peningkatan kualitas kader terutama di bidang politik," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia juga mengimbau kepada seluruh kadernya agar menjadi pemilih cerdas. Terutama kata dia, membantu Bawaslu Parepare melakukan pengawasan partisipatif.

"Setidaknya politik uang bisa berkurang jika kader HIPMI Parepare turun mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilu," tandasnya. (ami/B)

  • Bagikan