Cerita Galuh, Rasakan Banyak Manfaat Melalui JKN-KIS

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Manfaat yang dihadirkan dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terbukti sudah banyak dirasakan oleh masyarakat.

Salah seorang peserta JKN-KIS, Galuh Kristi Ningtyas (23) yang merupakan karyawan di salah satu perusahaan swasta ini, juga telah merasakan manfaat karena telah terdaftar sebagai peserta segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU).

Ditemui di sela kesibukannya, Galuh menceritakan pengalamannya saat ia memanfaatkan kartu kepesertaan JKN-KIS itu untuk memeriksakan kesehatan hingga menjalani operasi tanpa biaya pelayanan kesehatan yang harus dikeluarkan.

“Menjadi peserta JKN-KIS sangat saya rasakan manfaatnya. Beberapa tahun yang lalu, saya menjalani operasi usus buntu dan pengangkatan tumor, semunya hanya menggunakan kartu JKN-KIS, pelayanan yang didapatkan sangat baik dan saya juga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pelayanan kesehatan saat itu. Saya sangat bersyukur karena bisa berangsur sembuh dan bisa beraktifitas kembali tanpa keluhan sakit lagi yang saya rasakan,” cerita Galuh.

Galuh juga menyampaikan bahwa jauh sebelum dirinya terdaftar pada segmen PPU, ia sudah memiliki jaminan kesehatan yang ditanggung oleh orang tuanya, karena merupakan seorang pegawai negeri sipil. Saat itu, karena masih dalam masa menempuh pendidikan di perguruan tinggi sehingga dirinya rutin melaporkan untuk keterangan aktif kuliah.

“Sebelumnya, saya juga sudah memiliki jaminan kesehatan karena menjadi tanggungan orang tua yang seorang PNS. Manfaat menjadi peserta JKN-KIS sangat memudahkan saya. Pernah suatu ketika saya sakit dan langsung periksa ke UGD rumah sakit dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Untungnya saya rutin melaporkan keterangan masa aktif kuliah, sehingga kartu JKN-KIS senantiasa aktif dan bisa digunakan ketika diperlukan, tanpa harus mengeluarkan biaya pelayanan kesehatan ketika masuk rumah sakit,” ungkap Galuh.

Galuh juga menuturkan bahwa beberapa bulan yang lalu, dirinya memeriksakan kesehatan ke rumah sakit, dan dirinya sangat bersyukur karena dilayani dengan sangat baik dan berharap dapat terus memudahkan peserta JKN-KIS

“Beberapa bulan yang lalu, saya juga memeriksakan kesehatan di rumah sakit, karena keluhan sakit yang saya rasakan. Dokter dan perawat saat itu, juga melayani dengan sangat baik dan saya pun tidak mengeluarkan biaya, dan bahkan bulan depan adalah jadwal saya kontrol untuk ke sub spesialis, saya juga telah diinformasikan kalau masih ditanggung BPJS Kesehatan, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya. Harapan saya kedepannya, agar semakin memudahkan dan senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS,” tutup Galuh.(*)

  • Bagikan