Dukung Program TJSL CSR Semen Tonasa, Forum Desa Tandatangani Pakta Integritas

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka mendukung penuh program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) CSR PT Semen Tonasa, Forum Desa dan Kelurahan Lingkar 1 melakukan penandatanganan pakta integritas di Bali, Minggu, 22 Mei 2022 lalu.

Direktur Utama PT Semen Tonasa, Mufti Arimurti mengapresiasi kinerja Forum Desa Lingkar 1 yang ada di desa dan kelurahan sekitar perusahaan dalam mengawal berbagai program pemberdayaannya di tengah masyarakat.

Dikatakan, penandatanganan pakta integritas ini sebagai wujud komitmen terhadap pelaksanaan sekaligus pengawasan terhadap program tanggung jawab sosial PT Semen Tonasa.

"Pakta Integritas ini sebagai komitmen bersama antara perusahaan dan juga masyarakat, bahwa program TJSL yang kita jalankan ini memiliki tujuan mulia serta untuk kepentingan bersama. Tentunya dengan melibatkan masyarakat sendiri mulai dalam perencanaan program hingga tahap pelaksanaan dan evaluasinya," jelasnya. 

Mufti Arimurti berharap pendampingan yang dilakukan ini bisa semakin menguatkan perusahaan. "Saya mendorong ke depannya agar Forum Desa ini bisa mengembangkan lagi program kreatifnya untuk mewujudkan transformasi di desa menjadi lebih baik," ucapnya.

"Kita ingin agar kampung kita ini juga bisa menjadi destinasi wisata. Jadi kita juga dorong agar nantinya program semacam ini bisa semakin dikembangkan lagi," tambahnya.

Apalagi, kata dia, ini bisa menguatkan perusahaan karena langsung menyentuh masyarakat. "Untuk itu mari kita bangun bersama kekuatan untuk memajukan perusahaan dengan melibatkan masyarakat, termasuk mendorong UMKM di desa agar semakin maju," tuturnya.

General Manager Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa, Andi Muhammad Said Chalik mengungkapkan, pakta integritas ini tidak sekadar sebagai pernyataan komitmen Forum Desa Lingkar 1 terhadap pengelolaan program TJSL Semen Tonasa. 

"Hal ini juga menggambarkan bahwa ruh dan semangat program TJSL di perusahaan telah sejalan dengan harapan Permen BUMN tentang TJSL yang berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) serta berpedoman kepada ISO 26000 sebagai panduan pelaksanaan program, dengan harapan pelaksanaan Program TJSL BUMN yang lebih terukur, berdampak dan berkelanjutan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penguatan Forum, Desa Andi Irwan menyampaikan ucapan terima kasih kepada manajemen PT Semen Tonasa atas dukungan, bantuan dan supportnya dalam pelaksanaan kegiatan ini di Bali. 

"Sepanjang kehadiran Forum Desa, khususnya untuk pelaksanaan kegiatan penguatan forum, baru kali ini kegiatan semacam ini dihadiri langsung oleh Bapak Dirut. Ini tentu menjadi bukti nyata, bagaimana sinergi, perhatian dan apresiasi manajemen PT Semen Tonasa kepada kita di forum 11 Desa Lingkar begitu besar," ungkapnya.

Irwan menambahkan, inti kegiatan ini yaitu melakukan studi banding dan pengembangan wawasan Forum Desa Lingkar 1. Khususnya dalam belajar dan melihat langsung pengembangan potensi desa di lokasi yang didatangi untuk kemudian nantinya diaplikasikan pada program TJSL PT Semen Tonasa.

Di samping itu, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi dan sarana sharing gagasan antarpengurus forum, manajemen dan pendamping terkait pengembangan potensi desa masing-masing, serta menjadi wadah untuk  melahirkan komitmen bersama atas pelaksanaan program CSR nantinya di 11 Desa Lingkar PT Semen Tonasa. (min)

  • Bagikan