Jamil Ungkap Rasa Syukur Manfaat Hadirnya Program JKN – KIS

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat yang telah bergabung ke dalam program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Jamil (52), merupakan salah satu dari sekian banyak peserta JKN-KIS yang telah merasakan kemudahan layanan dengan menggunakan kartu JKN-KIS.

Di tengah kesibukannya, ia menceritakan saat memanfaatkan Program JKN-KIS ketika menjalani operasi pengangkatan batu empedu.

“Saya sangat bersyukur telah menjadi peserta JKN-KIS. Beberapa kali saya telah menggunakan kartu JKN-KIS untuk memeriksakan kesehatan ke Puskesmas maupun rumah sakit. Terakhir kali, saat saya menjalani operasi pengangkatan batu empedu tahun lalu. Tidak ada biaya yang saya keluarkan saat itu, seluruh biaya pelayanan kesehatan telah menjadi tanggungan Program JKN-KIS. Manfaat telah menjadi peserta JKN-KIS sangat saya rasakan, karena jika saya harus membayar sebagai pasien umum, biayanya pasti sangat besar,” cerita Jamil.

Ketika dirinya mengeluhkan sakit saat itu, Jamil tidak ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatannya ke Puskesmas hingga ke rumah sakit. Dirinya juga menuturkan bahwa selama menjalani perawatan di rumah sakit, telah mendapatkan pelayanan yang sangat baik dan bisa pulih hingga saat ini.

“Pelayanan yang diberikan juga sangat bagus dan tidak dibedakan dengan pasien lainnya. Saya bersyukur bisa pulih dan sehat kembali dan berharap dapat terus diberi kesehatan, begitupun dengan keluarga saya. Saat ini, saya juga sedang membiasakan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga,” ungkap Jamil.

Jamil yang terdaftar sebagai peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa disebut juga dengan peserta mandiri, mengungkapkan bahwa dirinya juga senantiasa memastikan keaktifan kartu JKN-KIS miliknya dengan rutin membayar iuran tiap bulan.

“Karena saya terdaftar sebagai peserta mandiri, saya juga tidak khawatir lagi saat akan memanfaatkan di fasilitas kesehatan, karena saya selalu memastikan kartu JKN-KIS saya berstatus aktif dengan rutin membayar iuran tiap bulan,” tutur Jamil.

Di akhir perbincangan, Jamil berharap agar Program JKN-KIS dapat terus berlanjut. Bukan hanya itu, dirinya mengharapkan agar pelayanan yang diberikan kepada peserta dapat terus ditingkatkan sehingga kepuasan peserta saat mengakses layanan semakin meningkat.(*)

  • Bagikan