Kunker ke Pangkep, Kepala BPS RI Ingin Pastikan Persiapan Sensus Pertanian 2023 dan Canangkan Desa Cantik

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menerima kunjungan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Margo Yuwono.

Kunjungan Kepala BPS RI yang didampingi BPS Provinsi Sulsel dan BPS Pangkep itu diterima di Rumah Jabatan Bupati, Kamis, 12 Mei 2022.

Usai bertemu Bupati, Kepala BPS RI melanjutkan kunjungan ke Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro. 

Kepala BPS RI, Margo Yuwono mengatakan, kunjungan ke Kabupaten Pangkep terkait dua hal, yakni untuk memastikan persiapan sensus pertanian 2023 berjalan baik. 

"Disini ada kegiatan geladi bersih sensus pertanian. Semua instrumen sudah disiapkan dan tata kelola sensus. Ini adalah uji coba terakhir dari seluruh persiapan untuk mendapatkan informasi apakah masih ada kekurangan yang perlu disempurnakan atau sudah bisa diterapkan semuanya, termasuk tata kelola," jelasnya.

Kemudian juga terkait kunjungan Desa Cinta Statistik (Cantik). Desa Cantik, lanjut Margo, adalah program BPS untuk melakukan pembinaan kepada aparat desa agar pemahaman tentang statistik semakin baik.

"Kalau pemahaman statistiknya semakin baik, aparat desa bisa gunakan data-data itu membangun desanya," katanya.

Desa Cantik ini merupakan program nasional, tahun ini seluruh Kabupaten/Kota diwajibkan ada satu desa atau kelurahan untuk dilakukan pembinaan.

"Saya mencanangkan satu desa disini, untuk pelaksanaan desa cantik," imbuhnya.

Sekadar diketahui, untuk di Kabupaten Pangkep, geladi bersih persiapan sensus pertanian tahun 2023 dilaksanakan di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro. Dan Desa Cantik dicanangkan di Desa Taraweang, Kecamatan Labakkang. (min)

  • Bagikan