Pasca Dilauncing, Tim Pendataan Koperasi dan UMKM Langsung Bergerak Serentak

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Sebanyak 42 orang enumerator atau tim pendataam Koperasi dan UMKM Dinas Tenaga Kerja Kota Parepare bergerak secara serentak  pasca dilauncing oleh Wakil Wali Kota Parepare,  H Pangerang Rahim di Balai Ainun Habibie pada Selasa, 24 Mei 2022.

Mereka menyasar usaha koperasi dan UMKM untuk didata dalam wilayah Kota Parepare. 

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Tenaga Kerja Kota Parepare,  Andi Herry Baso Rachim mengatakan,  42 orang  tersebut merupakan orang pilihan karena melalui seleksi  sebagai tim pendataan koperasi dan UMKM yang mendata kegiatan usaha itu. 

"Kita tergetkan sebanyak 21 ribu data usaha Koperasi dan UMKM di Kota Parepare, " katanya. 

Dia menjelaskan, sebelum turun ke lapangan mendata usaha Koperasi dan UMKM, tim ini terlebih dahulu mendapatkan pelatihan yang digelar di Kota Makassar.  

"Koperasi dan UMKM yang telah didata tersebut langsung diinput oleh masing-masing enumerator pada aplikasi yang telah ada,  dan langsung aksesnya ke Kementerian Koperasi dan UMKM RI, " jelasnya. 

Dijelaskan bahwa pendataan ini melalui dua tahap verifikasi, yakni daerah dan provinsi,  sehingga data yang dihasilkan betul-betul tervalidasi. "Data yang diperoleh masing-masing enumerator dipastikan tervalidasi karena langsung ketemu dan bertatap muka dengan pelaku usaha,  baik koperasi maupun UMKM, " katanya. 

Dia menambahkan,  ada beberapa data yang diambil,  di antaranya jenis usaha,  lokasi usaha, nama pemlik usaha yang diperkuat dengan kepemilikan KTP. "Para pelaku usaha baik koperasi maupun UMKM juga langsung difoto tempat usaha dan titik kordinat usaha oleh tim pendata, " ujarnya. 

Dia berharap dukungan dari semua pihak, khususnya para pelaku usaha UMKM kerjasamanya dalam menyukseskan dan kelancaran pendataan ini. "Kita harap kerjasama dan dukungan para pelaku UMKM dan koperasi dalam kelancaran pendataan ini, " katanya.

Wakil Wali Kota (Wawali) Parepare, H Pangerang Rahim mengatakan , Pemerintah Kota Parepare sangat memberi dukungan penuh dan selalu membuka pintu bagi siapapun yang ingin mengembangkan UMKM. "Kami dari Pemkot sangat mendukung dan selalu welcome dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat atau pelaku UMKM," jelasnya.

Wawali berharap agar data pemerintah mampu akurat dan mendeteksi dari segi jumlah dan jenis jualan.

"Kita juga melakukan pendataan, agar data-data kita terhadap pengusaha ini bisa akurat. Dari jumlah dan usaha-usaha apa yang mereka jual. Ini untuk meningkatkan pemulihan ekonomi berkelanjutan yang telah dicanangkan Bapak Wali Kota Parepare," tandas Pangerang Rahim. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan