Pemkab Maros Siap Terima Tim Asesor UNESCO Global Geopark

  • Bagikan

Wakil Bupati Maros, Hj Suhartina Bohari saat memimpin Rakor Kesiapan Kedatangan Asesor UNESCO Global di Ruang Rapat Wakil Bupati Maros, Kamis, 19 Mei 2022. (Foto: Teguh)

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menyatakan, siap menerima Tim Asesor UNESCO Global Geopark yang akan menilai Kawasan Geopark Nasional Maros-Pangkep.

Hal itu dikemukakan Wakil Bupati (Wabup) Maros, Hj Suhartina Bohari saat memimpin Rapat Koordinasi persiapan kedatangan Tim Penilai UNESCO Global Geopark dalam persiapan penilaian, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wakil Bupati Maros, Kamis, 19 Mei 2022.

Rapat itu dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Prof M Jufri dan General Manager (GM) Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep Dedi Irfan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Maros bersama stakeholder terkait.

GM Geopark Maros Pangkep Dedi Irfan memaparkan hasil pertemuan yang telah ia laksanakan bersama pemerintah pusat dan provinsi. Kata dia, kedatangan Tim Asesor UNESCO Global Geopark telah menyetujui agenda yang akan terlaksana pada bulan Juni mendatang.

"Alhamdulillah beberapa waktu lalu, kita telah rapat bersama tim dari Bappenas dan langsung ditindaklanjuti bersama bapak Gubernur Sulsel, dan hari ini langsung mengoordinasikan ke Pemerintah Kabupaten Maros, dalam hal ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati, Ibu Suhartina," ujarnya.

"Persiapan kita nanti cuman hingga pada tanggal 4-6 Juni mendatang, karena kita akan melakukan geladi bersih bersama pemerintah pusat dan provinsi untuk memantapkan kedatangan Tim Asesor pada tanggal 14 hingga 18 Juni mendatang," tambah Dedi.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari yang juga Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Persiapan Kedatangan khusus di Kabupaten Maros telah mempersiapkan timnya yang terdiri dari OPD terkait dan juga stakeholder yang berada di Kabupaten Maros.

"Kita tidak boleh acuh terkait agenda ini, Maros hari ini sedang bersiap menjalankan penilaian dari International, pasti kita akan memaksimal mungkin geosite yang berada di Kabupaten Maros," ungkapnya.

Suhartina melanjutkan, jika pembagian tugas masing-masing OPD terkait sudah sangat jelas dalam menyambut tim asesor, bahkan OPD tak terkait juga ditugaskan cukup dengan mempublikasikan materi promosi yang sudah disiapkan oleh timnya itu.

"Job desk sudah jelas, kita harap kepala OPD terkait aktif memberikan masukan dan progres terhadap tugasnya, harus on the track, tidak ada lagi tumpang tindih pekerjaan. Sementara OPD tidak terkait tidak boleh tidak tahu, semua harus tahu dan paham jika Geopark Maros Pangkep sedang menjalankan penilaian dari UNESCO Global Geopark," tegasnya. (guh)

  • Bagikan