Peringati International Nurse Day, PPNI Parepare Gelar Donor Darah

  • Bagikan

Terlihat para relawan saat mengikuti aksi donor darah yang diselenggarakan DPD PPNI Kota Parepare, di Tribun Lapangan Andi Makkasau, Sabtu, 28 Mei.

PAREPARE -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Parepare menggelar donor darah dalam rangka memperingati International Nurse Day 2022,, di Tribun Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, pada hari Sabtu 28 Mei, 2022.

Selain menggelar donor darah, DPD PPNI Kota Parepare juga memberikan
layanan edukasi atau penyuluhan tentang donor darah, screening awal, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan golongan darah dan bahkan memberikan
doorprize.

Ketua Panitia, Harfah mengatakan, International Nurse Day rencananya dilaksanakan pada pada tanggal 12 Mei. Namun, ada beberapa hal yang dipertimbangkan sehingga kegiatan pelaksanaan hari ulang tahun perawat sedunia dilaksanakan pada hari Sabtu 28 Mei 2022 yang dirangkaikan denganaksi donor darah.

"Kita menargetkan 150 orang. Namun melihat antusias para calon pendonor itu sangat luar biasa hingga mencapai 160 orang yang mendaftar, " kata Harfah

Dia juga mengatakan, donor darah ini dilaksanakan secara bertahap karena masih dalam kondisi pandemi covid - 19, sehingga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Acara donor darah ini, adalah acara aksi kemanusiaan dari PPNI Kota Parepare, perawat peduli terhadap pasien yang membutuhkan darah.

"Saat ini Kota Parepare sekarang sangat banyak fasilitas kesehatan yang pasiennya masih membutuhkan darah, karena stok semakin menipis dan yang membutuhkan semakin banyak, kami menggelar aksi donor darah" ungkapnya.

Dia pun menyampaikan, PPNI sebagai organisasi sosial berkomitmen dapat membantu pemerintah kota (pemkot) Parepare dalam mewujudkan pelayanan kesehatan di Kota Parepare menjadi lebih baik.

"Aksi donor darah ini terselenggar atas kerja keras dari pihak panitia dan saya mengucapkan banyak terimakasih kepada panitia, kalian luar biasa, " jelasnya.

Sementara itu, ketua DPD PPNI Kota Parepare Pirman mengatakan, perawat adalah pelaksana di lapangan dan kesempatan pada aksi ini mereka bersedia menyumbangkan darah sebagai pendonor dan nantinya mereka juga yang akan membantu pasien untuk memasukkan darah tersebut.

"Inilah hal yang luar biasa dan tidak semua profesi mampu melaksanakan itu, ada yang mendonor tapi tidak mampu memasukkan dan inilah kelebihan dan kekuatan luara biasa, "jelasnya.(has)

  • Bagikan