Personel Damkar Dilatih Evakuasi Korban di Medan Ketinggian

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Parepare menggelar pelatihan penyelamatan dan evakuasi korban.

Kegiatan itu diikuti personel Damkar yang berlangsung di Mako Damkar Jalan Ganggawa, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung Kota Parepare pada Sabtu, 21 Mei 2022.

Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Parepare sebagai pemateri memberikan pelatihan tentang bagaimana cara melakukan penyelamatan dan mengevakuasi korban di medan ketinggian, atau vertical rescue.

Komandan Basarnas Pos Kota Parepare, Dadang Tarkas yang merupakan pemateri dalam kegiatan pelatihan penyelamatan dan evakuasi korban menjelaskan, ada beberapa materi yang diberikan kepada Dinas Damkar Parepare, salah satunya yaitu pengenalan peralatan.

"Meterinya adalah bagaimana cara pengenalan peralatan. Teman-teman Damkar harus tahu apa itu peralatan yang akan digunakan saat main teknik vertical rescue, " jelasnya.

Dia menyebutkan, selain pengenalan peralatan, juga memberikan materi bagaimana cara menggunakan alat tersebut.

"Kegunaan alat ini juga wajib diketahui. Sehingga pelaksanaan kegiatan yang akan kita laksanakan, bisa dipergunakan alat tersebut dengan baik dan benar," harapnya.

Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran dan Evakuasi Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Parepare, Syafruddin Sjam mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dengan Basarnas sebagai pemateri.

"Selama ini personel damkar belum pernah menangani penyelamatan di medan ketinggian, seperti gedung. Makanya kami kerja sama dengan Basarnas sebagai pemateri, " kata Pallung sapaan akrab Syafruddin Sjam.

Pallung menjelaskan, Dinas Damkar Parepare kini membuat inovasi Unit Reaksi Cepat (URC), dalam melakukan penanggulangan kKebakaran dan penyelamatan.

Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare, Wahidin Syanur mengungkapkan, pelatihan ini tujuannya untuk meningkatkan skill personel, khususnya personil yang tergabung dalam URC, dan juga membangun sinergitas dengan Basarnas Kota Parepare.

"Pelatihan ini merupakan pelatihan dasar, jadi selain meningkatkan skill personel di Disdamkar, khususnya di bidang penyelamatan. Tujuannya juga untuk membangun sinergitas dengan Basarnas, " tandasnya. (nan)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan