Pesan Penting Bupati Barru ke Wisuda Mahasantri Ma’had Aly Pondok Pesantren DDI Mangkoso

  • Bagikan
Suardi Saleh

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Setinggi apapun ilmu yang engkau miliki, kerendahan hati-jualah yang membuatmu semakin mulia.

Pesan penting itu disampaikan Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh., M.Si saat memberikan sambutan di acara Wisuda Mahasantri Ma'had Aly Pondok Pesantren DDI Mangkoso di Gedung Islamic Center Barru, Ahad, 22/5/2022.

Dihadapan wisudawan, bupati berpesan agar terus belajar sampai jenjang yang tertinggi.

Namun, terang Suardi, keilmuan seseorang tidak akan berarti bila tidak ditopan dengan keimanan dan budi pekerti serta akhlak yang baik.

"Setinggi apapun ilmu yang engkau miliki, kerendahan hati jualah yang membuatmu semakin mulia", kata Suardi mempertegas kembali

Kepada para mahasantri yang diwisuda itu, Bupati menyampaikan bahwa mereka nantinya bukanlah hanya sebatas sarjana dari sisi keilmuan, namun sarjana di aspek keagamaan.

Karena itu, Bupati meminta agar kelak mereka tampil sebagai ilmuwan yang agamawan atau sebagai agamawan yang ilmuwan.

Pesan lain dari Bupati, agar menanamkam semangat ilmiah, sekaligus amaliah

Mengapa?, sebab begitu banyak sarjana-sarjana baru yang dilahirkan di negeri ini, namun terkadang ilmu yang dimilikinya tidak dipertanggungjawabkan melalui pengamalannya

"Saya ingatkan, kalian disini semua bukan sekedar lahir dari perguruan tinggi, tapi juga lahir dari Pondok Pesantren," katanya mengingatkan

Lebih lanjut Bupati Barru dua periode itu menyampaikan mengenai perbedaan antara sekolah dan kehidupan.

"Di Sekolah itu kita belajar, dan setelah belajar baru kita ujian. Sementara dalam kehidupan ini, kita diberikan ujian yang akan membuat kita belajar. Karena kehidupan ini merupakan buku hikmah yang jumlah halamannya sebanyak jumlah usia kita," akunya

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengutarakan rasa bahagia dan kebanggaannya atas berbagai prestasi dan pencapaian dari Pondok Pesantren DDI Mangkoso.

"Termasuk hari ini, bertemu dua kesyukuran, yaitu, pertama, bersyukur atas wisudanya mahasantri mahasantri kita. Kedua, bersyukur atas kelahiran para ulama sebagai pelanjut perjuangan Anre Gurutta sekaligus pewaris para Nabi," dianya.

Tak lupa, Bupati atas nama Pemerintah Daerah dan mayarakat Barru menyampaikan selamat kepada Anre Gurutta, seluruh pembina, pengasuh dan lebih khusus kepada seluruh Wisudawan dan Wisudawati yang hari ini diresmikan kesarjanaannya sebagai sebagai generasi-generasi pelanjut yang dilahirkan oleh Ma'had Aly Pondok Pesantren DDI Mangkoso.

Tampak hadir, Gubernur Sulsel diwakili Kapala Biro Kersa, Direktur PD Pontren dan Ma'had Aly Kemenag RI Dr. H. Waryono, M.Ag. Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel Dr. H. Muliady, S.E, M.M. Wakil Walikota Bontang Hj. Najirah, SE.

Ada juga Wakil Walikota Parepare. H. Pangerang Rahim. Ketua DPRD Barru Lukman, T. Kepala Kementerian Agama Barru Dr. H. Jamaruddin, M.Ag, Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso Anregurutta Prof Dr. H. M. Faried Wajedy LC. MA dan undangan lainnya. (humas/madi)

  • Bagikan